Mahdalena, Mahdalena (2022) Efektivitas Pelayanan Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Samsat Keliling di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Administrasi Negara.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (784kB) | Request a copy |
Abstract
Upaya Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BAPPENDA) dalam meningkatkan pendapatan pajak kendaraan bermotor dengan mengadakan pelayanan Samsat Keliling agar memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak. Hal ini dilakukan bertujuan agar masyarakat patuh membayar pajak kendaraan bermotor serta menjangkau masyarakat wajib pajak yang jauh dari Samsat induk. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif untuk menjelaskan dan memberi pemahaman mengenai efektivitas pelayanan pemungutan pajak kendaraan bermotor melalui Samsat Keliling di Kota Batam. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa efektivitas pelayanan pemungutan pajak kendaraan bermotor melalui Samsat Keliling sudah efektif. Namun, masih ada kendala dalam proses pembayaran pajak kendaraan bermotor yaitu adanya keluhan wajib pajak mengenai sarana dan prasarana seperti tidak disediakan tempat berteduh yang menghambat efektivitas pelayanan Samsat Keliling jika cuaca hujan maupun panas. Kemudian, jika cuaca hujan pada saat akan beroperasi menyebabkan jaringan internet pada sistem yang digunakan Samsat Keliling menjadi tidak stabil sehingga petugas harus menginstall ulang sistem yang digunakan dan memakan waktu lebih dari satu jam. Hal ini, membuat masyarakat yang datang lebih awal untuk pembayaran pajak menjadi menunggu sampai jaringan internet pada sistem Samsat menjadi stabil. Akibatnya, pelayanan Samsat Keliling tidak beroperasi sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pajak, Samsat Keliling: Effectiveness, Taxes, Mobile Samsat |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Layanan Kantor |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Administrasi Negara |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 02 Jun 2023 03:32 |
Last Modified: | 02 Jun 2023 03:32 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3105 |
Actions (login required)
View Item |