Pengaruh Biaya Bahan Baku Langsung, Biaya Tenaga Kerja Langsung, Biaya Overhead Pabrik dan Biaya Promosi terhadap Penjualan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Rosniwati, Rosniwati (2019) Pengaruh Biaya Bahan Baku Langsung, Biaya Tenaga Kerja Langsung, Biaya Overhead Pabrik dan Biaya Promosi terhadap Penjualan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Prodi Akuntansi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (14MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penjualan memiliki peran penting dalam suatu perusahaan. Kegiatan penjualan merupakan salah satu sumber pendapatan perusahaan. Dengan melakukan penjualan perusahaan akan memperoleh laba yang berguna bagi keberlangsungan hidup perusahaan. Faktanya, tidak semua perusahaan mengalami peningkatan penjualan disetiap tahunnya. Beberapa perusahaan mengalami fluktuasi penjualan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Biaya Bahan Baku Langsung, Biaya Tenaga Kerja Langsung, Biaya Overhead Pabrik dan Biaya Promosi terhadap Penjualan pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kuantitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Data Sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi, Sub Sektor Makan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2013-2017. Hasil dari penelitian ini adalah Biaya Bahan Baku Langsung berpengaruh signifikan terhadap Penjualan dengan nilai t hitung > t tabel (3,378 > 2,024) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,002 < 0,05) , Biaya Tenaga Kerja Langsung berpengaruh signifikan terhadap Penjualan dengan nilai t hitung > t tabel (3,378 > 2,024) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,002 < 0,05) , Biaya Overhead Pabrik tidak berpengaruh signifikan terhadap Penjualan dengan nilai t hitung < t tabel (0,040 < 2,024) dan nilai signifikansi > 0.05 (0,969 > 0,05), Biaya Promosi berpengaruh signifikan terhadap Penjualan dengan nilai t hitung > t tabel (4,673 > 2,024) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05) dan secara simultan Biaya Bahan Baku Langsung, Biaya Tenaga Kerja Langsung, Biaya Overhead Pabrik dan Biaya Promosi berpengaruh signifikan terhadap Penjualan dengan hasil f hitung > f tabel (180,553 > 2,619) dan nilai signifikansi< 0,05 (0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biaya Bahan Baku Langsung, Biaya Tenaga Kerja Langsung, Biaya Overhead Pabrik, Biaya Promosi, Penjualan.: Direct Raw Material Costs, Direct Labor Costs, Factory Overhead Costs, Promotion Costs,Sales.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330-339 Ilmu Ekonomi > 330 Ilmu Ekonomi
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.3 Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Akuntansi
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 16 Oct 2023 05:36
Last Modified: 16 Oct 2023 05:36
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4829

Actions (login required)

View Item View Item