Analisa Pola Pembelian Kebutuhan Ibu dan Bayi untuk Membuat Paket Belanja Murah di Toko Love Baby Store

Zai, Onesimo (2022) Analisa Pola Pembelian Kebutuhan Ibu dan Bayi untuk Membuat Paket Belanja Murah di Toko Love Baby Store. Skripsi thesis, Prodi Sistem Informasi.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (833kB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (691kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (704kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan dibidang usaha adalah hal yang lumrah terjadi dan tidak bisa dihindari. Dan itu berlaku juga untuk setiap badan usaha yang dijalankan di marketplace online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Menerapkan data mining dengan asosiation rule dalam mengelolah data penjualan di toko Love Baby Store untuk menghasilkan item set belanja yang dapat membantu konsumen dalam proses check out (2) Membuat item set belanja murah dari hasil analisa data penjualan sebelumnya untuk mengetahui pola pembelian konsumen (3) Menerapkan algoritma FP-Growth, yang mana merupakan salah satu algoritma dalam data mining untuk menentukan data yang sering muncul, sehingga bisa mendapatkan informasi mengenai pola dan kecenderungan konsumen dalam berbelanja. (4) Love Baby store dapat mengetahui pola pembelian konsumen, sehingga dapat menyusun strategi strategi bisnis baru, seperti merancang item set belanja murah yang dapat mempermudah konsumen dalam melakukan check out dan dengan harga yang lebih terjangkau. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan data mining yang berupa data transaksi penjualan selama 3 bulan. Data ini dianalisis menggunakan FP-Growth. Hasil dari penelitian ini adalah Banyaknya minat pembelian dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu harga yang relative lebih murah dan juga adanya discount ataupun promo free ongkir. Pola pembelian dirancang menggunakan metode FP-Growth dengan hasil “Jika konsumen membeli Mainan Mobil Anak Monster Zap Jip Off Road 4 Drive Inertial Bigfoot maka juga akan membeli Teether Buah/Gigitan Bayi Model Buah /Baby Tooth Teether [Tanpa Packingan]” dengan tingkat kepercayaan sebesar 62.5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Assosiation Rule, FP-Growth, Paket Belanja, Pola Pembelian: Association Rule, FP-Growth, Purchase Pattern, Shopping Package
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330-339 Ilmu Ekonomi > 330.0285 Pengolahan dan Analisa Data di Bidang Ekonomi
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 03 Jun 2023 08:34
Last Modified: 18 Dec 2024 04:06
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3184

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year