Data Mining untuk Promosi Produk Menggunakan Metode Association Rule pada Lotte Grosir

Sugiarto, Rama Maulana (2023) Data Mining untuk Promosi Produk Menggunakan Metode Association Rule pada Lotte Grosir. Skripsi thesis, Prodi Sistem Informasi.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (437kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (489kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan aturan asosiasi pada data Mini merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengeksplorasi data dan menganalisis data transaksi pada Lotte Grosir. transaksi pembelian yang dilakukan oleh konsumen dianalisis dengan menggunakan algoritma apriori. pada penelitian ini diketahui bahwa data yang diolah merupakan data yang diambil dari rentang waktu tertentu Namun diharapkan bisa mewakili seluruh populasi yang ada pada Lotte Grosir. Hasil penelitian ini menemukan bahwa ada beberapa transaksi yang bisa dijadikan sebagai dasar untuk melakukan promosi produk yang dijual di Lotte Grosir, informasi ini diambil berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan nilai support 30. Seluruh anteseden yang ditemukan pada algoritma priori yang membentuk aturan asosiasi yaitu seperti jika konsumen membeli roti tawar dan telur ayam kampung secara bersamaan maka 95% ada kemungkinan pelanggan tersebut akan membeli mobil dan frekuensi terjadinya transaksi ini sebesar 55%. aturan asosiasi yang merupakan aturan yang paling memungkinkan terjadi adalah ketika customer membeli roti tawar dan belfood valve pada transaksi yang sama maka pelanggan tersebut akan membeli crab stick kemungkinan ini terjadi adalah 100% dan frekuensi terjadinya nilai dan frekuensi terjadinya transaksi ini adalah 54%. Penulis mengharapkan pengelola Lotte Grosir bisa menggunakan rekomendasi penelitian ini agar meningkatkan penjualan dan mengurangi barang yang dibuang atau dikembalikan kepada supplier

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Apriori, penjualan, confidence, support: A priori, sales, confidence, support
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 29 May 2023 07:42
Last Modified: 28 Jun 2024 02:16
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3025

Actions (login required)

View Item View Item