Pengaruh Kualitas Produk dan Review Produk terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Marketplace Shopee di Kota Batam

Nainggolan, Rut Asianti (2024) Pengaruh Kualitas Produk dan Review Produk terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Marketplace Shopee di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (8MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (396kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kualitas produk dan review produk terhadap keputusan pembelian secara online pada marketplace Shopee di Kota Batam. Populasi yang akan diteliti mencakup pengguna atau konsumen yang telah melakukan pembelian produk secara online melalui Shopee selama tahun 2023, dengan jumlah yang tidak dapat dipastikan secara pasti. Untuk menentukan sampel, digunakan rumus Lameshow, yang menghasilkan pemilihan 100 responden melalui metode purposive sampling. Proses analisis data melibatkan penggunaan regresi linier berganda, yang mencakup serangkaian langkah seperti uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki besaran pengaruh 57,2% terhadap keputusan pembelian. Review produk memiliki memiliki besaran pengaruh 24,1%. Temuan dari koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kualitas produk dan review produk dapat menjelaskan 70,7% variasi dalam keputusan pembelian. Lebih lanjut, uji t dan uji F mengonfirmasi bahwa kualitas produk dan review produk memiliki pengaruh positif dan signifikan, baik secara parsial maupun secara simultan, terhadap keputusan pembelian secara online pada marketplace Shopee di Kota Batam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Review Produk: Product Quality, Product Reviews, Purchase Decisions
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 006.754 Situs Jejaring Sosial
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.4036 Manajemen Pengambilan Keputusan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.56 Manajemen Analisa Produk
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 15 May 2024 10:41
Last Modified: 15 May 2024 10:41
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6112

Actions (login required)

View Item View Item