Kevin, Kevin (2025) Rancang Bangun Aplikasi E-Vegetables Menggunakan Flutter di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Sistem Informasi.
![]() |
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
![]() |
Text
bab I.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
![]() |
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (5MB) |
![]() |
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
![]() |
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (379kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
![]() |
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Ibu rumah tangga bertanggung jawab dalam mengatur kebutuhan dapur, mereka selalu rutin berbelanja sayur untuk memenuhi kebutuhan bahan makanan sehari hari, toko sayuran yang dibuka oleh masyarakat termasuk salah satu alternatif ibu rumah tangga untuk berbelanja sayur. Namun, seringkali mereka mengalami kesulitan dalam mengetahui ketersediaan informasi produk sayur yang tersedia di warung atau toko serta informasi harga yang tersedia pada toko. Ada juga masalah lain seperti ibu rumah tangga tidak memiliki waktu untuk melakukan belanja offline karena beragam kegiatan yang harus dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun aplikasi e-vegetables. Aplikasi tersebut dapat membantu pembeli mendapatkan informasi toko dan melakukan pemesanan secara online, penjual juga dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dengan adanya aplikasi tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Rapid Application Development, yang memiliki tahap mulai dari perencanaan kebutuhan, desain sistem, pengembangan, dan yang terakhir adalah implementasi. Aplikasi tersebut dirancang dengan menggunakan UML (Unified Modeling Language) untuk perancangan diagram, dan figma untuk perancangan user interface. Aplikasi ini dibangun di sistem operasi Android dengan menggunakan Flutter sebagai frontend, Node.js sebagai backend, dan MongoDB sebagai basis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi e-vegetables dapat mempermudah pembeli dalam mendapatkan informasi sayur dan pemesanan sayur dan juga menghemat waktu pembeli dengan adanya pemesanan delivery. Proses pada pengembangan sistem informasi tersebut membuktikan adanya peningkatan pada efektivitas dan efisiensi dalam melakukan transaksi melalui aplikasi e-vegetables.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi, E-Commerce, Flutter, Mobile Programming, Android: Application, E-Commerce, Flutter, Mobile Programming, Android |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 006.3 Kecerdasan Buatan |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Susila Novmbrita |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 10:54 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 10:54 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6674 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year