Mirna, Mirna (2021) Efektivitas Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau Dalam Mengawasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Administrasi Negera.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (223kB) |
|
Text
bab IV & V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
Abstract
Keberadaan Ombudsman Republik Indonesia Kepulauan Riau memiliki tanggung jawab penting untuk mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah. Agar pelayanan publik dapat berjalan secara efisien dan efektif sesuai dengan prinsip- prinsip good governance. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang didukung oleh sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini dilakukan di Ombudsman Republik Indonesia Kepulauan Riau, serta dengan masyarakat yang pernah melaporkan kasus pelayanan publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ombudsman Republik Indonesia untuk Kepulauan Riau dalam melakukan pengawasan pelayanan publik di Kota Batam, belum efektif .Permasalahan pertama adalah sumber daya manusia yang masih kurang, Jumlah anggaran yang belum memadai, identifikasi laporan yang belum ada bertujuan untuk mempermudah dalam penyelesaian laporan masyarakat, dukungan dari penyedia layanan publik yang masih kurang, koordinasi dan kerjasama antara Ombudsman dan penyedia layanan publik yang belum merata, sosialisasi yang dilakukan Ombudsman Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau yang belum merata, dan kesadaran masyarakat yang masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti menyarankan agar Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau dalam menjalankan tanngung jawabnya mengawasai penyelenggara pelayanan publik khususnya di Kota Batam dapat berjalan dengan baik dan lebih maksimal sesuai dengan peraturan undang�undang. Menambahkan jumlah sumberdaya manusia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, menambahkan jumlah anggaran , penambahan fasilitas agar kerjasama dengan penyelenggara publik dapat terlaksana. di Batam lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ombudsman, Maladministrasi, Pelayanan Publik, Efektivitas, Public Service, Effectiveness |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 350-359 Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 352.14 Administrasi Lokal, Provinsi 300 Ilmu Sosial > 350-359 Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 352.3 Manajemen Administrasi Negara |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Administrasi Negara |
Depositing User: | Melsa Melsa |
Date Deposited: | 19 May 2021 07:46 |
Last Modified: | 19 May 2021 07:46 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/659 |
Actions (login required)
View Item |