Implementasi Artificial Intelligence dalam Aplikasi Chatbot Sebagai Helpdesk Objek Wisata Pantai Di-Batam dengan Metode Forward Chaining

Situmorang, Jonatan (2024) Implementasi Artificial Intelligence dalam Aplikasi Chatbot Sebagai Helpdesk Objek Wisata Pantai Di-Batam dengan Metode Forward Chaining. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (5MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (5MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (527kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (823kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi chatbot berbasis kecerdasan buatan dengan metode forward chaining pada Watson Assistant di IBM Cloud dirancang khusus untuk memberikan rekomendasi destinasi pantai di Kota Batam. Dalam menghadapi era kemajuan teknologi, di mana masyarakat lebih cenderung mencari informasi melalui internet, peneliti telah merancang sebuah antarmuka website yang informatif dan interaktif. Website ini menampilkan menu-menu utama seperti Home, wisata, galeri, kontak, dan chatbot, memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mencari informasi terkait pantai pantai di Batam. Metode forward chaining, sebuah bentuk mesin inferensi, digunakan untuk menelusuri aturan dan memberikan solusi berdasarkan informasi yang dikumpulkan. Hasil penelitian melibatkan pengembangan antarmuka situs web yang responsif dan tampilan chatbot yang diuji guna memastikan kesesuaian dengan persyaratan. Diagram use case digunakan dalam merancang interaksi antara pengguna dan sistem, menjadikan pengalaman pengguna lebih optimal. Melalui Watson Assistant di IBM Cloud, chatbot memberikan rekomendasi pantai dengan menyapa dan mengajukan pertanyaan pada tampilan awal. Aplikasi ini memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman pencarian informasi yang efisien dan ramah pengguna bagi warga Kota Batam, menghilangkan kebutuhan untuk mencari informasi dari sumber lain. Dengan antarmuka website yang dirancang dengan cermat dan memiliki bantuan chatbot, pengguna dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai pantai-pantai di Batam. Ini memastikan bahwa aplikasi ini menjadi solusi yang efektif dan praktis dalam mencari informasi destinasi wisata pantai di kota tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IBM Cloud; Watson Assistant; Chatbot; Forward chaining; Artificial Intelligence.: IBM Cloud; Watson Assistant; Chatbot; Forward chaining; Artificial Intelligence.
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.12 Sistem Analisa dan Desain Perangkat Lunak
000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.5 Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 27 May 2024 12:46
Last Modified: 27 May 2024 12:46
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6230

Actions (login required)

View Item View Item