Pengaruh Kredibilitas, Citra Merek dan Kemudahan Aplikasi Klik Indomaret terhadap Keputusan Pembelian pada Indomaret Batu Aji

Salim, Agus (2024) Pengaruh Kredibilitas, Citra Merek dan Kemudahan Aplikasi Klik Indomaret terhadap Keputusan Pembelian pada Indomaret Batu Aji. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (8MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (6MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (472kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Industri ritel telah hadir di Indonesia sejak era kolonial, Perusahaan Hindia Timur Belanda sebagai pelopor yang didirikan pada tahun 1602. Saat ini, ritel telah berkembang menjadi toko serba ada seperti Indomaret yang memperkenalkan konsep minimalis pada tahun 1997 dan sejak saat itu berkembang menjadi lebih dari 22.000 toko. Indomaret memanfaatkan toko fisik dan aplikasi Klik Indomaret yang diluncurkan pada tahun 2015 untuk memperluas jangkauannya. Namun, kendati kehadiran yang lebih awal dan keunggulan yang diberikan lain, Indomaret masih belum dapat mengungguli pesaing utamanya dalam sudut pandang citra merek. Riset kuantitatif ini mengambil sampel 100 pembeli Indomaret di Batuaji pada 2023 yang menggunakan aplikasi Klik Indomaret. Hasil penelitian menunjukkan kredibilitas secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, sementara citra merek tidak mempengaruhi keputusan pembelian. Kemudahan aplikasi Klik Indomaret juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, kredibilitas, citra merek, dan kemudahan aplikasi memiliki pengaruh signifikan. Kesimpulannya, meskipun Indomaret telah mencapai jangkauan fisik yang luas, penawaran digitalnya melalui aplikasi Klik Indomaret gagal memberikan kenyamanan yang diharapkan. Dengan memfokuskan upaya pada peningkatan keandalan aplikasi, keamanan, dan pengalaman pengguna, Indomaret diharapkan dapat mereplikasi dominasi di dalam toko secara digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: citra merek, kredibilitas, kemudahan aplikasi, keputusan pembelian: brand image, credibility, ease of application, purchase decision.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.4036 Manajemen Pengambilan Keputusan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 26 Apr 2024 06:01
Last Modified: 26 Apr 2024 06:01
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5996

Actions (login required)

View Item View Item