Pengaruh Kualitas Pelayanan Program Samsat Corner dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Batam

Fatli, Feldi (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan Program Samsat Corner dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Akuntansi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (18MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, program SAMSAT corner dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah para wajib pajak yang membayar pajak kendaraan bermotor pada kantor di SAMSAT Batam Center. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 100 wajib pajak. pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data primer. Pengolahan data menggunakan program SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor yang ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 0,281 < nilai t tabel 1,984 dan nilai signifikan 0,780 > 0,05. Program SAMSAT corner secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor yang ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 1,375 < t tabel 1,984 dan nilai signifikan 0,173 > 0,05. Sanksi pajak secara parsial berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor yang ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 5,647 > t tabel 1,984 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kualitas pelayanan, program SAMSAT corner dan sanksi pajak secara simultan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak membayar pajak kendaraan bermotor yang ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 15,044 > nilai F tabel 2,70 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, nilai R square sebesar 0,320 atau 32% yang artinya variabel Kualitas pelayanan, program SAMSAT corner dan sanksi pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor 0,320 atau 32% sedangkan 0,680 atau 68% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini. Dengan hasil penelitian yang diolah, maka peneliti menyarankan supaya pemerintah memberikan sosialisasi tentang adanya program SAMSAT terbaru seperti kualitas pelayanan lebih ditingkatkan agar kepercayaan wajib pajak terpenuhi dan bisa meningkatkan wajib pajak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Program SAMSAT Corner dan Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak.: Service Quality, SAMSAT Corner Program and Tax Sanctions, Compliance with taxpayers.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 657.46 Akuntansi Perpajakan, Akuntansi Pajak
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Akuntansi
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 16 Oct 2023 05:21
Last Modified: 16 Oct 2023 05:21
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4822

Actions (login required)

View Item View Item