Pengaruh Faktor Psikologi dan Faktor Sosial terhadap Keputusan Pembelian pada PT Mackianos Network

Apryanto, Apryanto (2019) Pengaruh Faktor Psikologi dan Faktor Sosial terhadap Keputusan Pembelian pada PT Mackianos Network. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (15MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi telekomunikasi sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat. Masyarakat luas akan membutuhkan layanan hiburan dengan menggunakan jasa telekomunikasi, seperti adanya siaran televisi dengan berbagai jenis acara ataupun hiburan lainnya. Oleh karena itu, perusahaan penyedia layanan harus mempu meningkatkan kualitas layanannya agar dapat meningkatkan tingkat keputusan pembelian dari konsumen. Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi seorang konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Faktor�faktor tersebut diantaranya adalah faktor psikologi dan faktor sosial yang sewaktu�waktu dapat timbul dalam diri seorang konsumen pada saat akan melakukan suatu keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor psikologi dan faktor sosial terhadap keputusan pembelian pada PT Mackianos Network yang dilakukan pada wilayah Pelita 1 sampai pelita 7 dan Kampung Utama Atas, kota Batam. Responden dalam penelitian ini adalah para pelanggan yang berdomisili diwilayah tersebut dengan jumlah sampel sebesar 190 orang responden. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kausalitas yang dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F melalui program aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor psikologi (X1) dan faktor sosial (X2) secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hasil uji Koefisien Determinasi menunjukkan bahwa variabel faktor psikologi (X1) dan faktor sosial (X2) mempengaruhi variabel keputusan pembelian (Y) sebesar 21,4%, sedangkan sisanya sebesar 78,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Psikologi, Sosial, dan Keputusan Pembelian: Psychology, Social, and Purchasing Decisions
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.3 Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.4036 Manajemen Pengambilan Keputusan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:04
Last Modified: 13 Oct 2023 07:04
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4645

Actions (login required)

View Item View Item