Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Air Bersih Masyarakat Kampung Air Batam Center

Aswad, Syaiful (2018) Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Air Bersih Masyarakat Kampung Air Batam Center. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (849kB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy

Abstract

Sumber daya alam merupakan aset bagi kehidupan yang sangat berharga dan harus dikelola dengan baik agar dapat membeikan kehidupan yang baik bagi seluruh makhluk hidup. Penelitian ini dilatar belakangi oleh seringnya terjadi air mati dan keluhan konsumen kurang ditanggapi oleh pengelola air. Kajian dari penelitian ini adalah pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pengguna air bersih masyarakat kampung air Batam Center. Objek penelitian ini adalah pengguna air bersih masyarakat kampung air Batam Center. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh parsial maupun simultan antara variabel independen yaitu harga dan kualitas pelayanan tehadap variabel dependen yaitu kepuasan konsumen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik sampling sistematis, dimana pengambilan sampel ini memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur untuk menjadi anggota sampel dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 111 responden. Pengumpulan data dengan cara menggunakan metode kusioner dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil uji t, dimana t hitung untuk variabel hargA lebih besar dari t tabel dan untuk t hitung variabel kualitas pelayanan lebih besar dari t tabel. Maka dapat disimpulkan secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan dari harga (X1) terhadap variabel kepuasan konsumen (Y), terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas pelayanan (X2) terhadap variabel kepuasan konsumen (Y). Hasil uji F dimana 8 F hitung lebih besar F tabel. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel harga (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara simultan berpengaruh positif dann signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen: Price, Service Quality, Consumer Satisfaction.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 11 Oct 2023 09:21
Last Modified: 11 Oct 2023 09:21
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4380

Actions (login required)

View Item View Item