Implementasi Good Governance dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan pada Puskesmas Sambau Kota Batam

Wahyuni, Sri (2018) Implementasi Good Governance dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan pada Puskesmas Sambau Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi AdministrasI Negara.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (10MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Setiap orang berhak dan wajib mendapatkan kesehatan yang optimal dan berada di lingkungan yang sehat serta nyaman dan aman serta mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana prinsip-prinsip Good Governance dan standar pelayanan publik yang diterapkan di Puskesmas Sambau Kota Batam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi,dan dokumentasi. Hasil penelitian (1) Pelayanan yang telah diberikan oleh Puskesmas Sambau Kota Batam yang dilihat dari 3 (Tiga) indikator dari Prinsip-prinsip Good Governance yaitu participation, fainess, accountability, sudah dijalankan dengan cukup baik, sedangkan pada indikator transparency masih kurang baik karena keterbukaan pihak Puskesmas dalam hal penelitian masih belum adil, artinya penelitian yang harus dilakukan di Puskesmas Sambau hanya boleh dari pihak Kesehatan atau Mahasiswa Kesehatan, sementara penelitian tentang pelayanan atau lebih kepada administrasinya agak dipersulit oleh pihak Puskesmas Sambau serta efficiency dan effectiveness juga kurang baik dengan adanya kasus keterlambatan pegawai serta kurangnya sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas Sambau yang menghambat terciptanya Good Governance yang diharapkan. (2) Pelayanan yang telah diberikan oleh Puskesmas Sambau Kota Batam dilihat dari 6 (enam) indikator penilaian standar pelayanan seperti: penilaian cukup baik terdiri dari indikator prosedur pelayanan, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, dan kompetensi petugas pemberi pelayanan karena masyarakat merasa sudah cukup puas dengan pelayanan yang diberikan. Sedangkan penilaian kurang baik pada indikator waktu penyelesaian, sarana dan prasarana masih banyak keluhan dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Good Governance, Pelayanan Publik: Good Governance, Public Service
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350-359 Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 352.13 Administrasi Pemerintahan dan Administrasi Provinsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Administrasi Negara
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:20
Last Modified: 09 Oct 2023 08:20
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4218

Actions (login required)

View Item View Item