Erina, Erina (2018) Pola dan Jaringan Komunikasi Organisasi pada PT Focus Digisellindo Utama. Skripsi thesis, Prodi Ilmu Komunikasi.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (15MB) |
|
Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan teknologi telekomunikasi, Samsung sebagai vendor smartphone dengan market share terluas di dunia memasarkan produknya melalui distributor resmi di setiap negara. PT Focus Digisellindo Utama merupakan satu-satunya distributor resmi Samsung yang menyediakan smartphone untuk masyarakat di wilayah Kepulauan Riau, terutama di Kota Batam sejak tahun 2010.Bertahannya PT Focus Digisellindo Utama hingga sekarang menunjukkan keberhasilan perusahaan ini dalam mengelola kegiatan penjualan smartphonenya yang tidak lepas dari peran komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimanakah pola dan struktur jaringan komunikasi serta faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap keberhasilan PT Focus Digisellindo Utama dalam menjual smartphone Samsung. Penelitian ini dilaksanakan pada Februari 2018 hingga Agustus 2018 dengan metode kualitatif dan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang terjadi bervariasi dari setiap kegiatan/isu yang terjadi dalam perusahaan. Terjadi komunikasi dalam dimensi internal maupun eksternal dengan arah horizontal, diagonal, dan vertikal dalam bentuk langsung/tatap muka maupun tidak langsung melalui smartphone dan laporan/nota tertulis. Komunikasi berlangsung secara formal, terkecuali pada meeting perusahaan yang semi formal. Seluruh proses komunikasi bersifat dua arah, kecuali pelaporan pengawasan perusahaan dari manajer operasional kepada direktur perusahaan yang bersifat satu arah. Struktur komunikasi roda hanya terjadi pada saat penjualan, dan struktur jaringan all-channel terjadi pada pemeliharaan hubungan & pengawasan perusahaan, dan selebihnya merupakan struktur Y dan rantai. Faktor-faktor komunikasi yang berkontribusi terhadap keberhasilan komunikasi adalah: 1) jalur komunikasi formal yang disesuaikan dengan kegiatan perusahaan; 2) struktur wewenang yang fleksibel; 3) spesialisasi pekerjaan yang sesuai; dan 4) kepemilikan informasi yang memadai
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola komunikasi, jaringan komunikasi, faktor keberhasilan komunikasi, perusahaan bisnis retail: communication pattern, communication network, effective communication factors, retail company business |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 300 - 309 Sosiologi dan Antropologi > 302.222 Komunikasi Nonverbal |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 06:50 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 06:50 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4021 |
Actions (login required)
View Item |