Manurung, Elvidawaty (2018) Penerapan Aplikasi Pelayanan Online Kecamatan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Kecamatan Lubuk Baja). Skripsi thesis, Prodi Administrasi Negara.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (561kB) |
|
Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (877kB) | Request a copy |
Abstract
Teknologi informasi dan komunikasi merupakan bentuk perkembangan jaman, seluruh manusia di muka bumi dipaksa untuk membuka mata pada perubahan teknologi yang sedemikian cepat dan mempengaruhi segala aspek kehidupan termasuk pelayanan publik. Pelayanan publik yang memiliki antrian panjang, lama diminimalisir melalui pemanfaatan e-government menjadi lebih berorientasi pada kepuasan pengguna. E-government menawarkan pelayanan publik yang bisa diakses secara 24 jam, kapanpun, dan darimanapun, e-government juga memungkinkan pelayanan publik tidak dilakukan secara face to face sehingga pelayanan menjadi lebih efesien baik dari segi waktu maupun biaya. Penelitian ini bertujuan a) untuk mendeskripsikan penerapan Aplikasi Pelayanan Online Kecamatan dalam meningkatkan pelayanan publik di Kecamatan Lubuk Baja dan b) untuk menganalisis kendala pada penerapan Aplikasi Pelayanan Online Kecamatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendektan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Aplikasi Pelayanan Online Kecamatan di Kecamatan Lubuk Baja membantu masyarakat dalam proses pelayanan, karena dapat diakses melalui alat elektronik lebih singkat waktu, tenaga, dan biaya akan membantu masyarakat khusususnya Batam sebagai kota industri yang mana tingkat kesibukan masyarakat lebih tinggi dibanding dengan kota yang bukan industri. Dalam penerapan Aplikasi Pelayanan Online Kecamatan di Kecamatan Lubuk Baja masih terdapat beberapa kendala seperti komunikasi, struktur birokrasi dan sumber daya. Sosialiasi merupakan salah satu bentuk komunikasi, sejauh ini sosialisasi hanya diadakan satu kali. Tidak terbentuknya struktur birokrasi khusus penerapan Aplikasi Pelayanan Online Kecamatan, serta sumber daya yang masih kurang terhadap teknologi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Pelayanan Online Kecamatan, Pelayanan Publik, Kecamatan, e-government: Application of Subdistrict Online Service, Public Service, Subdistrict, e-government |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 350-359 Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 351.3 Administrasi Negara di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Administrasi Negara |
Depositing User: | Susila Novmbrita |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 04:20 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 04:20 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3676 |
Actions (login required)
View Item |