Oktavia, Wella Panca (2017) Pengaruh Kompetensi Pelayanan, Kredibilitas Pelayanan, dan Pengawasan Account Representative terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada KPP Pratama Batam). Skripsi thesis, Prodi Akuntansi.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (15MB) |
|
Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu sumber penerimaan negara yang sangat penting untuk pembiayaan pemerintah dan pembangunan adalah dari penerimaan pajak. Untuk mengoptimalkan penerimaan pajak sebagai sumber penerimaan negara, perlu dilakukan reformasi perpajakan yang dilakukan dari masa ke masa dengan tetap berasaskan pada keadilan sosial. Reformasi perpajakan tersebut dilakukan untuk dapat memperluas dan menambah wajib pajak. Untuk dapat memperluas basis pajak tersebut, perlu juga dilakukan pelayanan prima terhadap setiap wajib pajak baik yang sudah terdaftar maupun belum terdaftar sebagai wajib pajak. Wajib pajak sebagai pihak yang dibutuhkan oleh aparat pajak seharusnya memperoleh pelayanan dan pengawasan yang baik. Pelayanan dan pengawasan yang baik berpotensi untuk meningkatkan kepatuhan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kompetensi pelayanan, kredibilitas pelayanan,dan pengawasan account representative terhadap kepatuhan wajib pajak. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang dikumpulkan dari hasil penyebaran kuesioner kepada 353 responden wajib pajak di lingkungan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Batam Selatan. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Metode pengolahan data menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil uji regresi ditemukan bahwa variabel kompetensi pelayanan dan kredibilitas pelayanan berpengaruh secara tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan variabel pengawasan berpengaruh secara signifikan. Secara simultan variabel kompetensi pelayanan, kredibilitas pelayanan dan pengawasan account representative berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, Kredibilitas, Pengawasan dan Kepatuhan Wajib Pajak: Competence, Credibility, Services, Monitoring and Compliance Taxpayer |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Layanan Kantor 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 657.46 Akuntansi Perpajakan, Akuntansi Pajak |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Akuntansi |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 07:04 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 07:04 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3409 |
Actions (login required)
View Item |