Representasi Maskulinitas dalam Iklan Jamtangan.Com “Aksi Jagoan” di Youtube

Lubis, Reissy Arta Oktavia (2022) Representasi Maskulinitas dalam Iklan Jamtangan.Com “Aksi Jagoan” di Youtube. Skripsi thesis, Prodi Ilmu Komunikasi.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (8MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy

Abstract

Iklan Jamtangan.com “Aksi Jagoan” merupakan iklan yang menyampaikan informasi mengenai produk jam tangan pria merek Seiko. Iklan berusaha membidik sasaran konsumen dengan konsep maskulinitas yang mengemas dan menyajikan image keperkasaan seorang laki-laki. Lewat iklan tersebut timbul keberpihakan terhadap suatu ideologi sistem sosial yang direpresentasikan melalui dominasi kekuasaan laki-laki terhadap perempuan. Konsep dominasi dalam iklan Jamtangan.com menjadikan laki-laki pada posisi ordinat dan perempuan di posisi subordinat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menemukan mitos maskulinitas yang tersembunyi dalam iklan Jamtangan.com. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, Analisis yang digunakan yaitu semiotika Roland Barthes atau dikenal sebagai peta tanda Barthes terkait signifier (penanda), signified (petanda), denotative, connotative, dan mythologies-nya. Peneliti menggunakan teori Kekerasan Simbolik Pierre Bourdieu. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini yaitu suatu representasi maskulinitas tradisional yang terdapat pada iklan Jamtangan.com yang ditemukan melalui screenshot delapan adegan yang dianggap menampilkan sisi kemaskulinan laki-laki, sehingga dapat disimpulkan bentuk maskulinitas yang disajikan dalam iklan tersebut masih menggunakan budaya tradisional yang terlihat dari sisi fisik dan sifat laki-laki seperti berkuasa, kuat atau tangguh, pemberani dan percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Iklan Youtube; Kekerasan Simbolik Pierre Bourdieu; Representasi; Semiotika Roland Barthes:Iklan Youtube; Kekerasan Simbolik Pierre Bourdieu; Representasi; Semiotika Roland Barthes
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 659.1 Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor
700 Kesenian, Hiburan dan Olahraga > 700-709 Teori Kesenian > 704.94328 Representasi Seni, Penggambaran Seni
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 17 Dec 2022 06:39
Last Modified: 10 Dec 2024 13:01
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/2536

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year