Anggara, Kevin (2022) Perancangan Pembuatan Video Daur Ulang Ban Kendaraan Menggunakan Augmented Reality dengan Metode Multimedia Development Life Cycle. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (274kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (574kB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Ban merupakan suatu komponen dari kendaraan roda dua maupun roda empat, contohnya seperti mobil, motor, dan sepeda. Ban memiliki peran yakni agar kendaraan bisa bergerak. Ban juga dapat digunakan sebagai pengurang getaran yang disebab oleh ketidakaturan jalan, melindungi roda dalam kendaraan dari jalan yang rusak atau tidak rata. Beberapa ban kendaraan dapat rusak atau bocor jika mengenai benda yang tajam seperti paku ataupun duri. Selain terkena benda tajam, ban kendaraan juga dapat menipis jika ban tersebut dipergunakan di jangka waktu yang cukup lama, sehingga tidak layak lagi digunakan pada kendaraan. Oleh sebab itu, ban kendaraan yang tidak layak digunakan tersebut dapat di manfaatkan kembali dengan cara di daur ulang kembali salah satu contohnya yakni dijadikan sebagai pot tanaman. Oleh sebab itu, ban kendaraan yang tidak layak digunakan tersebut dapat di manfaatkan kembali dengan cara di daur ulang kembali salah satu contohnya yakni dijadikan sebagai pot tanaman. Maka dengan itu, peneliti akan menciptakan suatu software yang dapat menjelaskan sebuah cara untuk mendaur ulang ban kendaraan menjadi pot tanaman dengan software yaitu Augmented Reality. Tujuan penelitian untuk perancangan dan mengimplementasikan video daur ulang ban kendaraan menggunakan Augmented Reality dengan metode Multimedia Development Life Cycle. Metode dari Multimedia Development Life Cycle yang terdiri dari 6 tahap yakni Konsep, Desain, Pengumpulan bahan, Penyajian, Eksperimen, dan Distribusi. Hasil dari akhir penelitian ini yaitu sebuah video dalam bentuk Augmented Reality untuk mempelajari cara mendaur ulang ban kendaraan menjadi pot tanaman dalam sebuah bentuk Augmented Reality.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Multimedia Development Life Cycle |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 006.7 Sistem-sistem Multimedia |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Melsa Yulia Putri |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 05:17 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 06:34 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/1859 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year