Analisis Kepuasan Konsumen Dengan Algoritma C4.5 Pada UMKM Minimall

Wazir, Indra (2021) Analisis Kepuasan Konsumen Dengan Algoritma C4.5 Pada UMKM Minimall. Skripsi thesis, Prodi Sistem Informasi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (381kB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy

Abstract

UMKM MiniMall merupakan sebuah usaha yang bergerak dalam bidang penjualan produk, meliputi: barang pecah belah, pakaian, perlengkapan rumah tangga, aksesori untuk fashion dan peralatan elektronik di kota Batam. UMKM MiniMall memanfaatkan platform e-commerce untuk menjual produknya. Berdasarkan data penjualan produk pada Maret 2020 sampai dengan Februari 2021 terjadi penurunan tingkat penjualan dan kondisi tersebut kini menjadi masalah bagi UMKM MiniMall karena dapat mengganggu kelangsungan bisnisnya. Melihat permasalahan tersebut, penulis ingin melakukan analisis kepuasan konsumen UMKM MiniMall karena tingkat penjualan produk pada dasarnya berhubungan dengan kepuasan konsumen. Pelaksanaan analisis pada penelitian dilakukan menggunakan teknik data mining dengan algoritma C4.5. Analisis dilakukan dengan melakukan perhitungan manual menggunakan rumus gain dan entropy algoritma C4.5 dan menggunakan aplikasi WEKA versi 3.9.5 untuk memastikan kebenaran dan keakuratan perhitungan manual tersebut. Disimpulkan bahwa kepuasan konsumen UMKM MiniMall terbukti dapat dianalisis menggunakan data mining dengan algoritma dari C4.5 dan hasil penelitian bisa digunakan untuk membantu meningkatkan penjualan produk. Selain itu, pohon keputusan dan hasil perhitungan secara manual menggunakan rumus gain dan entropy algoritma C4.5 memiliki hasil yang sama dengan pengujian data menggunakan aplikasi WEKA versi 3.9.5, sehingga dapat dikatakan hasil penelitian melalui penggunaan aplikasi WEKA dan perhitungan secara manual sama-sama benar dan akurat sehingga memudahkan peneliti saat melakukan analisis data kepuasan konsumen yang berasal dari kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator ketersediaan produk, kualitas produk dan ketepatan pengiriman mempengaruhi kepuasan konsumen UMKM MiniMall dengan cukup besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kepuasan Konsumen, Algoritma C4.5, Aplikasi WEKA, Analysis, Customer Satisfaction, C4.5 Algorithm, WEKA Application
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.5 Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
300 Ilmu Sosial > 350-359 Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 354 Departemen Perekonomian
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.8342 Perilaku Konsumen
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.84 Distribusi Marketing
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Melsa Melsa
Date Deposited: 18 Sep 2021 03:45
Last Modified: 18 Sep 2021 03:45
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/1151

Actions (login required)

View Item View Item