Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Startmara Pratama

Agustia, Handriani (2019) Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Startmara Pratama. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (12MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada era globalisasi seperti saat ini, perdagangan semakin meluas dan bebas. Dalam memenangkan persaingan, perusahaan harus mampu memahami kebutuhan dan keinginan pelanggannya. Untuk memenuhi kebutuhan, keinginan dan permintaan pelanggan, maka dapat memberikan saran maupun informasi penting bagi perusahaan dalam mengatur strategi pemasaran agar terciptanya kepuasan bagi pelanggan. Dalam penelitian ini, terdapat dua variabel bebas yaitu harga dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membeli produk pada PT Startmara Pratama. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini sebanyak 154 pelanggan dan sampel sebanyak 112 responden yang diambil dari rumus slovin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik nonprobability sampling atau lebih tepatnya purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dapat dilakukan oleh peneliti adalah data primer dengan cara membagikan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai signifikansi 0,053 > 0,05, maka Ho diterima dan Ha ditolak dan kualtias pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai signifikansi 0,003 > 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji F menunjukkan harga dan kualitas pelayanan secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan: Price, Service Quality, Customer Satisfaction
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.02 Manajemen Perusahaan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.3 Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:15
Last Modified: 13 Oct 2023 02:15
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4577

Actions (login required)

View Item View Item