Marhayati, Marhayati (2018) Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Promosi terhadap Keputusan Pengambilan Kredit (Studi Kasus Pada Konsumen PT Summit Oto Finance). Skripsi thesis, Prodi Manajemen.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
Abstract
Sejak krisis ekonomi 1998, harga-harga barang meningkat secara tajam. Hal ini tidak saja terjadi pada barang-barang primer, tetapi juga sekunder dan tersier. Salah satu barang yang mengalami dampak kenaikan harga ini adalah sepeda motor. Kondisi ini menjadi semakin menarik karena sepeda motor merupakan sarana transportasi yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat, baik untuk kegiatan produksi, konsumsi, terlebih distribusi. Permintaan sepeda motor yang tinggi tentu saja juga memicu semakin meningkatnya harga jualnya. PT Summit Oto Finance adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang otomotif untuk pembiayaan kepemilikan sepeda motor baru dan bekas dari berbagai merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial (uji T) dan secara simultan (uji F) antara variabel tingkat suku bunga (X1) dan promosi (X2) terhadap keputusan pengambilan kredit (Y) di PT Summit Oto Finance. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner ke masing-masing responden sebanyak 100 responden, dan menggunakan program SPSS versi 21 sebagai pengolahan data statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai R Square (R2 ) sebesar 0,833 atau 83, 3 %, dari nilai tersebut dapat diketahui tingkat suku bunga (X1) dan promosi (X2 ) memengaruhi keputusan pengambilan kredit sebesar 83, 3 % sedangkan sisanya adalah sebesar 16 ,7 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian berdasarkan uji T untuk tingkat suku bunga (X1) memiliki nilai t hitung sebesar 20, 070 > 1,660 (t tabel) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, artinya variabel tingkat suku bunga (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengambilan kredit (Y), sedangkan promosi (X2) memiliki nilai t hitung sebesar 2, 315 > 1,660 (ttabel) dan nilai signifikan 0,023 < 0,05, artinya variabel promosi (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengambilan kredit (Y). Dan hasil uji F memiliki nilai sebesar 241,180 > 3,09 (ttabel) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, dapat diartikan bahwa variabel tingkat suku bunga (X1) dan promosi (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengambilan kredit (Y)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Suku Bunga, Promosi, Keputusan Pengambilan Kredit:Rate of Interest, Promotion, Decision of Credit Taking |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.02 Manajemen Perusahaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen |
Depositing User: | Susila Novmbrita |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:56 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:56 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4310 |
Actions (login required)
View Item |