Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Bidang Ekonomi, Sosial dan Lingkungan Terhadap Citra Perusahaan (Studi Kasus pada PT Shimano Batam)

Setyowati, Nenik (2017) Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Bidang Ekonomi, Sosial dan Lingkungan Terhadap Citra Perusahaan (Studi Kasus pada PT Shimano Batam). Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (19MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini, banyak perusahaan yang menggunakan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai salah satu strategi perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis. Hal ini dikarenakan CSR mampu mengangkat citra baik perusahaan sehingga akan mendatangkan keuntungan secara finansial dalam jangka pendek dan keberlangsungan bisnis perusahaan dalam jangka panjang. PT Shimano Batam sebagai salah satu perusahaan besar yang sudah beroperasi di Batam sejak tahun 1991 telah melaksanakan berbagai program CSR baik dalam bidang ekonomi, bidang sosial maupun bidang lingkungan sebagai salah satu strategi mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari CSR Bidang Ekonomi (X1), CSR Bidang Sosial (X2) dan CSR Bidang Lingkungan (X3) terhadap Citra Perusahaan (Y). Sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode simple random sampling sedangkan pengolahan datanya menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian untuk variabel CSR Bidang Ekonomi (X1) menunjukkan nilai t hitung -0,019 dan nilai signifikansi 0,985. CSR Bidang Sosial (X2) dengan hasil nilai t hitung 6,773 dan nilai signifikansi 0,000. CSR Bidang Lingkungan (X3) dengan hasil nilai t hitung 8,282 dan nilai signifikansi 0,000. Hasil uji F menunjukkan nilai F hitung sebesar 78,070 dengan nilai probabilitas signifikansi 0,000. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah secara parsial CSR Bidang Ekonomi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Citra Perusahaan, sedangkan CSR Bidang Sosial dan CSR Bidang Lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Citra Perusahaan. Namun, secara simultan ketiga variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu Citra Perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR) Bidang Ekonomi, Corporate Social Responsibility (CSR) Bidang Sosial, Corporate Social Responsibility (CSR) Bidang Lingkungan dan Citra Perusahaan: Corporate Social Responsibility (CSR) Economic Aspects, Corporate Social Responsibility (CSR) Social Aspects, Corporate Social Responsibility (CSR) Environmental Aspects and Corporate Image
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.1 Manajemen Organisasi
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.408 Manajemen Pertanggungjawaban Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 24 Aug 2023 05:52
Last Modified: 24 Aug 2023 05:52
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3331

Actions (login required)

View Item View Item