Lukman, Mega Ayu Lestari (2023) Analisis Kesadaran Wajib Pajak, Penyuluhan Pajak, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Batam. Skripsi thesis, Prodi Akuntansi.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (377kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kepatuhan masyarakat Indonesia dalam memenuhi kewajiban perpajakannya dapat dinilai kurang. Hal ini dapat dilihat dengan semua orang baik pribadi maupun badan yang berjuang untuk melunasi kewajibannya lebih perlahan melalui ketetapan serta banyaknya masyarakat yang belum membayar dan melaporkan kewajibannya. Kurangnya tingkat kepatuhan perpajakan berdasarkan data yang telah dijelaskan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kesadaran wajib pajak dan kualitas layanan juga menjadi penyebab wajib pajak tidak membayar dan melaporkan pajak. Guna mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukan adanya penyuluhan perpajakan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran wajib pajak, penyuluhan pajak dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Batam. Penelitian ini menggunakan data primer, data yang diperoleh langsung dari penyebaran kuesioner kepada wajib pajak yang akan diberikan kepada 100 responden. Populasi Penelitian ini sebanyak 439.632 orang. Teknik simple random sampling digunakan untuk mengambil sampel bersama penggunaan rumus slovin, shingga sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden. Penggunaan teknik analisis data yaitu uji validitas dan uji reabilitas, analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikoleniaritas dan uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda serta uji hipotesis yang terdiri dari uji T, uji F dan analisis determinasi. Program SPSS versi 24 digunakan atas penelitian ini dengan tingkat signifikasi sebesar 5%. Hasil uji t kesadaran wajib pajak dan penyuluhan pajak berdampak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil uji t kualitas pelayanan tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hasil uji f kesadaran wajib pajak, penyuluhan pajak, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Besarnya nilai R2 83% yang mengandung arti bahwa kesadaran wajib pajak, penyuluhan pajak, dan kualitas pelayanan berkonttibusi terhadap variabel kepatuhan wajib pajak sebesar 83%, sisanya 16% dikontribusi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesadaran Wajib Pajak, Penyuluhan Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, KPP Batam: Taxpayer Awareness, Tax Counseling, Quality of Tax Services, KPP Batam. |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 657.46 Akuntansi Perpajakan, Akuntansi Pajak 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 657.661 Akuntansi Publik, Akuntansi Pemerintah, Akuntansi Pemerintahan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Akuntansi |
Depositing User: | Melsa Yulia Putri |
Date Deposited: | 20 May 2023 09:47 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 10:03 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/2686 |
Actions (login required)
View Item |