Analisis Pola Penjualan Produk Elektronik pada E-Commerce Menggunakan Algoritma FP-Growth

kang, Jetlie (2025) Analisis Pola Penjualan Produk Elektronik pada E-Commerce Menggunakan Algoritma FP-Growth. Skripsi thesis, Program Studi Teknik Informatika.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (587kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (839kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pesat e-commerce telah mengubah lanskap perdagangan digital, khususnya dalam penjualan produk elektronik yang memiliki pola transaksi kompleks. Untuk mengatasi tantangan dalam mengelola volume data transaksi yang besar, penelitian ini menerapkan algoritma FP-Growth sebagai metode data mining yang mampu menggali pola pembelian tersembunyi dari konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana algoritma FP-Growth mengidentifikasi hubungan antar produk serta mendukung pengambilan keputusan strategis seperti pengelolaan stok dan promosi. Data yang dianalisis berasal dari 163 responden, dengan 30 transaksi dijadikan sampel utama. Hasil analisis menunjukkan beberapa pola pembelian yang signifikan, seperti Microwave berasosiasi dengan Rice Cooker dengan nilai confidence 0,882, Blender berasosiasi dengan Microwave sebesar 0,900, Setrika berasosiasi dengan Mesin Cuci, serta kombinasi Microwave dan Kulkas berasosiasi dengan Rice Cooker yang masing masing memiliki nilai confidence sebesar 1. Temuan ini membuktikan bahwa produk-produk tersebut sering dibeli secara bersamaan, sehingga penerapan algoritma FP-Growth dapat memberikan wawasan berharga dalam menyusun strategi pemasaran dan pengelolaan stok yang lebih tepat sasaran dalam industri e commerce elektronik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-commerce, FP-Growth, data mining, produk elektronik, pola penjualan: E-commerce, Association Rule, Data Mining, FP-Growth, RapidMiner
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 006.3 Kecerdasan Buatan
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 08 Nov 2025 07:05
Last Modified: 08 Nov 2025 07:05
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6924

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year