Augmented Reality Pengenalan Alat- Alat Instalasi Jaringan Menggunakan Metode Markerless

Firmansyah, M. Udhiharta (2025) Augmented Reality Pengenalan Alat- Alat Instalasi Jaringan Menggunakan Metode Markerless. Skripsi thesis, Program Studi Teknik Informatika.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (289kB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (230kB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (636kB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (491kB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (213kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (186kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada saat ini perkembangan teknologi sangat pesat yang mana semua informasi bisa didapatkan dengan mudah serta peranan teknologi di kehidupan manusia terdapat banyak manfaat diberbagai bidang dan aspek kehidupan, salah satunya dibidang jaringan komputer yang mana terdapat banyak alat-alat jaringan yang tercipta serta memiliki fungsi dan bentuk yang berbeda-beda. Pengenalan alat-alat jaringan merupakan hal penting dalam pendidikan serta pelatihan dibidang Teknologi Informasi, dan sekarang telah muncul teknologi bernama AR (Augmented Reality) untuk mempermudah dan memberi solusi inovatif yang membuat pembelajaran lebih menarik dan kreatif. Metode markerless digunakan agar sistem dapat mengenali lingkungan nyata tanpa perlu menggunakan marker atau penanda khusus, sehingga lebih fleksibel dalam penggunaannya. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan Unity 3D dengan dukungan AR Foundation dan ARCore sebagai teknologi utama. Objek 3D alat jaringan seperti router, MCI, kabel LAN, dan Server ditampilkan secara virtual pada lingkungan nyata melalui kamera perangkat Android. Pengguna dapat berinteraksi dengan objek 3D, melihat deskripsi fungsi alat, serta memutar animasi sederhana untuk memperjelas penggunaan alat tersebut. Dalam penelitian ini di buat untuk merancang aplikasi Pengenalan Alat-Alat Jaringan menggunakan metode Markerless yang memudahkan salesman ataupun customer memahami objek yang ingin di lihat. Cara kerjanya cukup mudah hanya memerlukan sebuah smarphone, lalu aplikasi akan menscan bidang datar terdekat untuk memunculkan objek yang di inginkan maka akan muncul suatu objek 3D lengkap dengan informasi fungsi, jenis, dan harga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Augmented Reality, 3D Objek, Markerless, Unity : Application, Augmented Reality, 3D Object, Markerless, Unity
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 006.3 Kecerdasan Buatan
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 08 Nov 2025 06:42
Last Modified: 08 Nov 2025 06:42
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6920

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year