Analisis Pengaruh Social Media Content, Influencer Marketing dan Customer Reviews terhadap Keputusan Pembelian di Tiktok Shop

Kristina, Erin (2025) Analisis Pengaruh Social Media Content, Influencer Marketing dan Customer Reviews terhadap Keputusan Pembelian di Tiktok Shop. Tesis thesis, Program Studi Magister Manajemen.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (809kB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (488kB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (430kB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (433kB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (316kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (241kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tingginya penggunaan TikTok Shop tercermin dari peningkatan Gross Merchandise Value (GMV) secara global dan nasional. Fenomena ini diindikasi oleh berbagai rangsangan digital seperti content media social, konten kreatif, influencer marketing, dan customer review yang mendorong keputusan pembelian dan berkontribusi pada kenaikan GMV TikTok Shop. Namun, hasil penelitian sebelumnya menunjukkan temuan yang bervariasi, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut, khususnya dalam konteks TikTok Shop. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social media content, influencer marketing, dan customer reviews terhadap keputusan pembelian di TikTok Shop. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif melalui survei kepada pengguna aktif TikTok Shop di Kota Batam. Data dianalisis melalui uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta analisis regresi linier berganda uji asumsi klasik dan regresi linier berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa ketiga variabel secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan kontribusi sebesar 57,2%. Ketidakkonsistenan hasil penelitian terdahulu dapat dijawab melalui temuan penelitian ini. Temuan ini menjelaskan bahwa dalam era digital, konsumen mengintegrasikan berbagai sumber informasi untuk mengambil keputusan. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pelaku bisnis dalam merancang strategi pemasaran digital yang efektif, seperti menciptakan konten menarik, menjalin kerja sama dengan influencer yang tepat, serta mendorong pelanggan memberikan ulasan jujur untuk meningkatkan kepercayaan dan keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Social Media Content, Influencer Marketing, Customer Reviews, Purchase Decisions: Social Media Content, Influencer Marketing, Customer Reviews, Purchase Decisions.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 31 Oct 2025 03:08
Last Modified: 31 Oct 2025 03:08
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6871

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year