Strategi Kampanye Digital Anti Hoax Program Tular Nalar-Mafindo di Kota Batam

Triargarini, Marisa (2025) Strategi Kampanye Digital Anti Hoax Program Tular Nalar-Mafindo di Kota Batam. Skripsi thesis, Program Studi Ilmu Komunikasi.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (565kB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (401kB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (439kB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (366kB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (258kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (226kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kampanye digital anti hoax yang dilakukan program tular nalar-mafindo dan untuk mengetahui implementasi strategi kampanye digital anti hoax pada program tular nalar-mafindo yang dilakukan di Kota Batam. Hoax atau berita palsu telah menjadi masalah yang semakin meresahkan di era digital. Informasi palsu, atau tidak akurat, di era digital saat ini telah menjadi masalah sosial tersendiri karena sering kali tersebar luas dengan cepat melalui media sosial dan platform digital lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pendekatan dipilih untuk memahami bagaimana strategi kampanye digital anti hoax dijalankan oleh Program Tular Nalar-Mafindo di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan wawancara sebagai metode utama dalam menggali data penelitian di lapangan dan informasi secara mendalam agar data yang dibutuhkan dalam penelitian ini dapat terkumpul. Dalam penelitian kualitatif, analisis data adalah proses sistematis untuk menafsirkan dan menarik makna dari data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, atau teknik lainnya. Tujuannya adalah membangun pemahaman mendalam tentang fenomena sosial yang diteliti, dalam hal ini strategi kampanye digital anti hoaks yang dijalankan oleh Mafindo melalui program Tular Nalar di Kota Batam. Implementasi kampanye ini membuktikan bahwa pendekatan berbasis komunitas lokal dan teknologi digital mampu menjadi benteng pertahanan literasi di tengah arus disinformasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kampanye Digital, Hoax, Literasi Digital, Tular Nalar, MAFINDO : Digital Campaign, Hoax, Digital Literacy, Tular Nalar, MAFINDO
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 - 309 Sosiologi dan Antropologi > 302.2 Komunikasi
300 Ilmu Sosial > 300 - 309 Sosiologi dan Antropologi > 302.23 Media Komunikasi, Media Massa
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 29 Oct 2025 03:12
Last Modified: 29 Oct 2025 03:12
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6789

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year