Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Kesadaran Merek dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Konsumen Indomaret Batamindo Square Cabang Batam

Sagala, Erika Pransiska Putri (2025) Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Kesadaran Merek dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Konsumen Indomaret Batamindo Square Cabang Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (310kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh pengalaman pelanggan, kesadaran merek, dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen di Indomaret Batamindo Square. Dalam konteks persaingan bisnis yang semakin ketat, terutama di sektor ritel, identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli sangat penting untuk keberlangsungan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap minat beli konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 385 responden yang berbelanja di Indomaret Batamindo Square. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen dan dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman pelanggan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat beli, diikuti oleh kesadaran merek dan kepercayaan konsumen yang juga berkontribusi signifikan. Data penjualan menunjukkan fluktuasi, dengan beberapa bulan mengalami naik turun yang menandakan perlunya perbaikan dalam pelayanan dan pengalaman konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa untuk meningkatkan minat beli konsumen, Indomaret perlu fokus pada peningkatan pengalaman pelanggan, memperkuat kesadaran merek, dan membangun kepercayaan konsumen. Rekomendasi bagi manajemen termasuk peningkatan fasilitas toko dan promosi yang lebih efektif untuk meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif di masa depan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Pelanggan, Kesadaran Merek, Kepercayaan Konsumen, Minat Beli: Customer Experience, Brand Awareness, Consumer Trust, Purchase Interest
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 03 Jun 2025 12:35
Last Modified: 03 Jun 2025 12:35
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6632

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year