Pengaruh E-Wom, Kepercayaan dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian pada Bukalapak di Kota Batam

Siahaan, Walina Yenita Br (2025) Pengaruh E-Wom, Kepercayaan dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian pada Bukalapak di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (9MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (618kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Dalam era digital yang semakin maju, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara konsumen dalam membuat keputusan untuk membeli produk. Platform e-commerce seperti Bukalapak kini menjadi pilihan utama dalam berbelanja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji sejauh mana pengaruh E-WOM, kepercayaan, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian pada Bukalapak di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, yang melibatkan responden pengguna Bukalapak di Kota Batam pada tahun 2024. Karena jumlah populasi yang tidak diketahui secara pasti, sampel diambil menggunakan rumus Jacob Cohen, menghasilkan 204 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, serta uji pengaruh dan uji hipotesis. Hasil uji t, E-WOM terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, kepercayaan terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, kemudahan penggunaan terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan bahwa E-WOM, kepercayaan, dan kemudahan penggunaan juga berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-WOM, Kemudahan Penggunaa, Kepercayaan, Keputusan Pembelian: E-WOM, Ease of Use, Purchasing Decisions, Trust
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.82 Promosi Pemasaran, Promosi Penjualan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 02 Jun 2025 06:15
Last Modified: 02 Jun 2025 06:15
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6625

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year