Adianti, Risna (2021) Pengaruh Intensitas Komunikasi Pramuwisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Ilmu Komunikasi.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (956kB) |
|
Text
bab IV & V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (490kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan membahas seberapa besar pengaruh intensitas komunikasi pramuwisata mempengaruhi kepuasan wisatawan yang berkunjung ke Kota Batam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei, teknik yang digunakan dalam pengambilan sampling dilakukan dengan teknik non probability sampling, yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Teknik sampel ini digunakan karena berfokus pada wisatawan yang menggunakan jasa biro perjalanan untuk melakukan perjalanan ketempat wisata yang ada di Kota Batam. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya intensitas komunikasi pramuwisata berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan namun kurang efektif. hal tersebut didasari oleh tingkat nilai pengaruh intensitas komunikasi pramuwisata dalam kategori rendah. Hasil penelitian uji determinasi memperoleh 19,6% besarnya pengaruh komunikasi pramuwisata terhadap kepuasan wisatawan sedangkan sisanya 80,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Hasil hipotesis menunjukkan hasil untuk Thitung sebesar 3.790 nilai ini jauh lebih besar dari Ttabel pada tingkat signifikan alpha 0,05 yaitu 1,671. Dan artinya bahwa nilai Thitung > Ttabel atau dapat diperoleh 3.790 > 1.671 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Namun, hasil dari penelitian ini untuk melihat pengaruh pada masing-masing indikator variabel, tingkat terkuat yang paling berpengaruh terletak pada variabel intensitas komunikasi pramuwisata terhadap kepuasan wisatawan yaitu pada indikator keteraturan dalam berkomunikasi terhadap bukti langsung yaitu dengan nilai 0,213 atau 21,3% dengan kategori rendah. Sedangkan untuk pengaruh terlemah pada masing-masing indikator untuk variabel intensitas komunikasi pramuwisata terhadap kepuasan wisatawan yaitu pada indikator perhatian yang diberikan terhadap daya tanggap, yaitu dengan nilai 0,000 atau 0% dengan kategori sangat rendah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal, Intensitas Komunikasi, Pramuwisata, Kepuasan Wisatawan, Interpersonal Communications, Intensity Of Communications, Tour Guides, Tourists, Satisfaction |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 300 - 309 Sosiologi dan Antropologi > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal 300 Ilmu Sosial > 300 - 309 Sosiologi dan Antropologi > 302.2 Komunikasi 900 Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 910-919 Geografi dan Perjalanan > 910.92 Turis, Wisatawan, Pelancong |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Melsa Melsa |
Date Deposited: | 19 May 2021 08:44 |
Last Modified: | 19 May 2021 08:44 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/662 |
Actions (login required)
View Item |