Perancangan Game Edukasi Pengembangan Kemampuan Logika Berbasis Android

Nirwana, Ira (2021) Perancangan Game Edukasi Pengembangan Kemampuan Logika Berbasis Android. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab IV & V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan logika merupakan salah satu hal yang cukup penting yang perlu dimiliki oleh setiap orang terutama anak-anak karena berhubungan dengan cara seseorang berpikir untuk menyelesaikan atau mencari sebuah jawaban yang tepat terhadap suatu masalah. Pengembangan game edukasi ini didasarkan oleh rendahnya minat anak-anak terhadap kegiatan belajar dan tingginya tingkat kecanduan pada game yang menyebabkan kemampuan logika tidak terlatih dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan logika seseorang, terutama anak-anak melalui sebuah permainan (game) yang berupa pertanyaan-pertanyaan yang mengasah kemampuan logika dalam mengerti sebuah pola atau gambar yang diberikan. Cara pengumpulan data adalah melalui wawancara dan observasi. Penyusunan perancangan game edukasi ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi 6 langkah, yakni Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Namun dalam penelitian ini peneliti membatasi sampai tahap uji coba saja. Adapun penggunaan Unified Modeling Language (UML) untuk menguraikan cara kerja game edukasi ini yang terdiri dari 4 jenis diagram, yakni Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, dan Class Diagram. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sebuah tool atau software yang bernama Construct 2 untuk perancangan game. Hasil dari uji coba game edukasi ini adalah game dapat di install pada perangkat Android dan dapat dinyatakan sebagai aplikasi yang user friendly.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Kemampuan Logika, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Unified Modeling Language (UML), Constuct 2, Education Game, Logical Ability
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman
000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.43 Sistem Operasi
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Chrisna Sumbayak
Date Deposited: 03 May 2021 07:29
Last Modified: 03 May 2021 07:29
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item