Pengaruh Media Sosial, Kepercayaan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Bukalapak di Kota Batam

Girsang, Okto Nopita (2024) Pengaruh Media Sosial, Kepercayaan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Bukalapak di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (8MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (709kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh media sosial, kepercayaan dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Bukalapak di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang aktif menggunakan e commerce Bukalapak di Batam pada tahun 2024. Untuk menentukan sampel, digunakan rumus Jacob Cohen, yang menghasilkan 204 responden yang dipilih secara acak melalui purposive sampling. Proses analisis data meliputi beberapa tahap, termasuk uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis untuk menguji signifikansi pengaruh masing-masing variabel. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa media sosial memberikan kontribusi sebesar 18,3% terhadap variabilitas keputusan pembelian. Kepercayaan memberikan kontribusi sebesar 40,8% terhadap variabilitas keputusan pembelian. Citra merek memberikan kontribusi sebesar 23,5% terhadap keputusan pembelian. Analisis koefisien determinasi (R²) sebesar 72,9% menunjukkan bahwa kombinasi media sosial, kepercayaan dan citra merek secara bersama-sama menjelaskan variasi dalam keputusan pembelian. Selain itu, hasil dari uji t menegaskan bahwa media sosial, kepercayaan dan citra merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Kepercayaan, Keputusan Pembelian, Media Sosial: Brand Image, Purchase Decisions, Social Media, Trust
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.82 Promosi Pemasaran, Promosi Penjualan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:56
Last Modified: 21 Oct 2024 02:56
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6412

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year