Rosmini, Rosmini (2024) Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying Generasi Y pada Tiktok Shop di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (570kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi telah mengubah cara kehidupan, mendorong generasi millennial, yang lahir antara tahun 1990-2000, untuk mengadopsi gaya hidup modern. Mereka aktif menggunakan teknologi, terutama dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan dominan mengakses pemasaran online, seperti E-Commerce, sebagai bentuk adaptasi terhadap tren zaman. Pemasaran di media sosial berperan dalam memicu nilai hedonis, di mana konsumen cenderung mencari kepuasan dan kesenangan emosional dalam berbelanja. Motivasi hedonis dalam berbelanja dapat memicu impulse buying, dipengaruhi oleh perasaan, kesenangan, dan fantasi terkait dengan produk hedonis. Pembelian dengan nilai hedonis berpengaruh pada Shopping Lifestyle konsumen, di mana mereka dengan daya beli tinggi cenderung mengikuti tren produk atau jasa yang menarik pada E-Commerce. Gaya hidup berbelanja seseorang juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, menjadi faktor penting dalam memahami perilaku konsumen, terutama dalam konteks pemasaran. Peningkatan toko online memicu impulse buying, pembelian tiba-tiba tanpa perencanaan, terutama di kalangan generasi Y atau millennial. Kemudahan teknologi mendukung fenomena ini, memicu rasa ingin tahu yang sulit dikontrol dalam berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying Generasi Y pada TikTok Shop di Kota Batam. Jenis penelitian ialah penelitian kuantitatif, menggunakan purposive sampling sebanyak 100 responden, diolah dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel Hedonic Shopping Motivation berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Impulse Buying diketahui dengan menggunakan perhitungan t hitung 2,354 > t tabel 1,661 dengan nilai signifikan 0,021 < 0,05. Variabel Shopping Lifestyle berpengaruh dan signifikan secara parsial terhadap Impulse Buying t hitung 3,199 > t tabel 1,661 dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05. Kemudian telah diperoleh hasil penelitian bahwa hedonic shopping motivation dan shopping lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying secara simultan dengan hasil.perhitungan f hitung 33,184 > f tabel 3,09 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, dan Impulse buying: Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, and Impulse Buying. |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 006.754 Situs Jejaring Sosial 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.31 Bagian-bagian Manajemen Sumber Daya Manusia 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.8342 Perilaku Konsumen |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 15 May 2024 10:21 |
Last Modified: | 15 May 2024 10:21 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6111 |
Actions (login required)
View Item |