Zakyya, Tassya (2024) Strategi Kelompok Sadar Wisata dalam Pengembangan Desa Wisata di Kampung Tua Bakau Serip Batam. Skripsi thesis, Prodi Ilmu Komunikasi.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (12MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (550kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kehadiran pandemi Covid-19 di Indonesia, memaksa negara untuk melakukan pembatasan sosial serta pemberhentian kunjungan wisatawan antar daerah maupun dari luar negeri. Dalam hal ini munculah sebuah gerakan untuk pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat. Konsep pariwisata berbasis masyarakat ini terlihat dari Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip. Dimana dalam pengembangannya terdapat kolaborasi dengan masyarakat setempat yang tergabung menjadi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). dalam mengembangkan desa wisata. Strategi tesebut didapatkan melalui metode analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan oleh pokdarwis dalam pengembangan Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, Metode kualitatif dilakukan melalui teknik wawancara kepada narasumber dengan membatasi poin wawancara pada topik yang relevan. Pemilihan informan melalui metode snowball sampling secara bertujuan (purposive) sampai data yang dikumpulkan dianggap representatifatau jenuh. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini ialah, terdapat dua strategi yang digunakan oleh pokdarwis dalam pengembangan desa wisata, yaitu strategi komunikasi dan strategi pengembangan. Strategi komunikasi meliputi, komunikasi langsung, komunikasi terbuka, fasilitator komunikasi dan media sosial. Sedangkan strategi pengembangan yaitu, pengembangan aktivitas wisata minat khusus, pengembangan daya tarik wisata, pengembangan datarik wisata budaya, dan pengembangan amenitas yang unik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | desa wisata, kelompok sadar wisata, strategi pariwisata: tourism village, tourism awareness group, tourism strategy |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 300 - 309 Sosiologi dan Antropologi > 302.23 Media Komunikasi, Media Massa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Susila Novmbrita |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 07:41 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 07:41 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5989 |
Actions (login required)
View Item |