Juniarta, Taruli Asi (2019) Analisis Pelayanan Perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Administrasi Negara.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (12MB) |
|
Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Sistem pengurusan perizinan di Kota Batam sering mengalami banyak permasalahan dalam hal pengurusannya sehingga mengakibatkan terhambatnya investasi, banyak investor menyampaikan masalah ketika hendak menanamkan modalnya di Batam. Tumpang tindih atau dualisme pemerintahan antara Badan Pengusahaan (BP) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Batam juga menajadi polemik yang tidak ada habisnya dalam permasalahan pengurusan perizinan itu sendiri. Pemerintah pusat bahkan belum menyelesaikan konflik tersebut sehingga memicu kekhwatiran akan nasib dan masa depan dari Batam sebagai surga investasi. Tugas dan tanggungjawab serta wewenang yang diberikan kepada BP Batam dan Pemko Batam, sangat membingungkan masyarakat maupun pelaku usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pelayanan perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Batam serta Untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Batam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Batam dilihat dari dimensi tangible, reability, responsiveness, assurance dan empathy sudah baik dengan hadirnya Mal Pelayanan Publik dan sistem pelayanan perizinan secara online yaitu OSS (Online single Submission) walaupun masih terdapat banyak kekurangan dalam hal penerapannya dan dualisme pemerintah tetap menjadi sumber dari masalah pengurusan perizinan di Kota Batam. Faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yaitu Kesadaran, aturan, organisasi, pendapatan, kemampuan-keterampilan dan sarana prasarana pelayanan. Pelayanan perizinan di Kota Batam terbilang sudah baik ditinjau dari faktor yang mempengaruhi pelayanan perizinan namun masyarakat juga mengharapkan agar peningkatan dalam pelayanan perizinan tetap bisa dipertahankan dan ditingkatkan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perizinan; Online Single Submission; Investasi: : Licensing; Onlline Single Submission; Investment |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 350-359 Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 353 Administrasi Negara yang Membawahi Bidang Khusus, Departemen |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Administrasi Negara |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 14 Oct 2023 02:43 |
Last Modified: | 14 Oct 2023 02:43 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4733 |
Actions (login required)
View Item |