Game Edukasi Pengenalan Bahasa Indonesia Berbasis Android untuk Pencari Suaka di Batam

Hidayat, Nopri (2022) Game Edukasi Pengenalan Bahasa Indonesia Berbasis Android untuk Pencari Suaka di Batam. Skripsi thesis, Prodi Teknik Infomatika.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (5MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (210kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (946kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (901kB) | Request a copy

Abstract

Pencari suaka adalah orang yang telah mengajukan permohonan perlindungan tetapi permohonannya sedang dalam proses penetapan. Batam merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadi tempat tinggal bagi para pencari suaka. Pencari suaka di Batam tinggal di Hotel Kolekta Batam. Data Mei 2022, jumlah pencari suaka yang menginap di hotel Kolekta Batam sebanyak 243 orang. Pencari suaka dari Afghanistan menjadi yang paling banyak berpenghuni dengan total 133 orang. Selama tinggal di Indonesia, salah satu yang menjadi kendala adalah komunikasi dengan masyarakat sekitar yang menggunakan bahasa Indonesia, terutama anak�anak. Meskipun sudah ada program pembelajaran bahasa Indonesia, namun masih diperlukan metode pembelajaran yang lebih menyenangkan, salah satunya adalah permainan. Permainan lebih disukai oleh anak-anak dalam hal pembelajaran daripada menggunakan buku. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibangun sebuah game edukasi pengenalan bahasa Indonesia berbasis Android dengan menggunakan metode MDLC. Metode MDLC dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu konsep, desain, pengumpulan material, perakitan, pengujian, dan distribusi. Game edukasi ini memiliki 4 sub menu yaitu: belajar, bermain, tentang dan keluar. Game edukasi disertai dengan desain dan animasi yang menarik sehingga menarik untuk digunakan anak-anak untuk belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Pencari Suaka, Bahasa Indonesia, Berbasis Android: Educational Games, Asylum Seeker, Indonesian Language, Android Based
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:33
Last Modified: 13 Dec 2024 07:43
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3251

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year