Silitonga, Yobel Cesar (2022) Pemanfaatan Layanan Aplikasi Grab dalam Mengkontruksi Persepektif Driver Grab di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Ilmu Komunikasi.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (5MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (717kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (346kB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (790kB) | Request a copy |
Abstract
Maraknya bisnis berbasis aplikasi atau yang sering dikenal dengan Startup di Indonesia belakangan ini membuka peluang lapangan pekerjaan baru. Aplikasi grab merupakan startup yang bergerak pada di bidang jasa transportasi online dengan berbagai fitur untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Aplikasi ini menghubungkan antar pengguna jasa dan pelaku jasa yakni driver / pengemudi grab. Penelitian ini dilakukan untuk memahami pemanfaatan layanan aplikasi grab dalam perspektif driver grab pada layanan aplikasi grab bike, grab food serta grab express guna menunjang proses pemesanan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan paradigma penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini sebanyak lima pengemudi grab Kota Batam yang dipilih secara purposive berdasarkan kebutuhan karakteristik topik penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi di wilayah Batam City dengan cara mewawancarai pengemudi grab di Kota Batam yang berhubungan dengan subjek penelitian ini, peneliti juga mengamati aktivitas antara pengemudi dan driver center kantor layanan manajemen grab. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi berdasarkan pengalaman informan di lapangan dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil investigasi, ditemukan driver Grab Service Kota Batam masih bermasalah. Kajian ini diharapkan dapat mendukung keberlangsungan aktivitas pengemudi di lapangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perfektif, pelayanan, driver: Perspective, service, driver |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 659.2 Humas, Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 15 Jul 2023 06:54 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 07:23 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3240 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year