Penyelenggaran Pelayanan Publik dalam Membangun Pelayanan Prima di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kota Batam

Korina, Nailil Izza Af (2022) Penyelenggaran Pelayanan Publik dalam Membangun Pelayanan Prima di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Administrasi Negara.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (5MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (700kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (909kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peranan pemerintah banyak mengalami perubahan, sesuai dinamika masyarakat dan tuntutan terhadap pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Penyelenggaran Pelayanan Prima di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Batam. Jenis penelitian ialah menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah melalui wawancara, observasi dan studi pustaka/dokumentasi. Fokus penelitian ini dilihat dari empat konsep pelayanan prima A4 yaitu : Sikap (Attitude), Perhatian (Attention), Tindakan (Action) dan Antisipasi (Anticipation) (Daryanto & Setyabudi, 2014:118). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Disdukcapil Kota Batam sudah baik pada faktor Sikap (Attitude), Perhatian (Attention), dan Antisipasi (Anticipation). Tetapi terdapat sedikit kendala pada faktor Tindakan (Action) karena kurang memadainya alat bantu pelayanan, sarana dan prasana. Saran yang diberikan penulis yaitu pengadaan alat bantu pelayanan seperti komputer, printer, scanner dan lainnya, ruang tunggu dibuat dalam bentuk bangunan tetap agar dalam memberikan pelayanan dapat merasakan kenyamanan, lokasi parkir harus memiliki lahan sendiri tidak menggunakan bahu jalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Disdukcapil, Pelayanan Publik, Pelayanan Prima: Department of Population and Civil Registry ,Public Service, Service Excellent
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Layanan Kantor
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Administrasi Negara
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 03 Jun 2023 08:13
Last Modified: 05 Dec 2024 04:10
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3182

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year