Gultom, Lorena Alfiyani (2022) Kinerja Dinas Perhubungan Kota Batam dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Transportasi Umum. Skripsi thesis, Prodi Administrasi Negara.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (319kB) |
|
Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dengan tingkat pertumbuhan saat ini, peningkatan mobilitas masyarakat akan timbul dari pertambahan penduduk. Hal ini berdampak pada semakin berkembangnya berbagai aktivitas masyarakat Kota Batam. Batam merupakan kota yang strategis di Indonesia karena letaknya yang dekat dengan Singapura dan Malaysia yang menjadikan Batam sebagai jalur pelayaran internasional. Maka dari itu tidak heran jika Kota Batam adalah salah satu kota terpopuler di Indonesia yang mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Akibat perubahan yang terjadi, jumlah aktivitas pergerakan yang terjadi di Kota Batam semakin meningkat sehingga kota tersebut menuntut adanya sistem transportasi. Angkutan umum merupakan salah satu media transportasi yang digunakan oleh masyarakat secara bersama-sama dengan membayar tarif. Transportasi di Kota Batam yaitu Bus Trans Batam, Metro Trans, trayek non-taksi dan Ojek. Beberapa pilihan transportasi umum yang tersedia bagi warga Batam bergantung pada daya beli masyarakat, sehingga dapat memilih moda transportasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat. Sebagian besar angkutan yang melayani penumpang tidak layak operasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Dinas Perhubungan Kota Batam dalam meningkatkan kualitas pelayanan angkutan umum dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat kinerja Dinas Perhubungan Kota Batam dalam meningkatkan kualitas pelayanan angkutan umum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Dinas Perhubungan Kota Batam dalam meningkatkan kualitas pelayanan angkutan umum sudah baik, namun belum optimal karena masih terdapat kekurangan di beberapa aspek.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Angkutan Umum, Kinerja, Kualitas Pelayanan: Public Transport, Performance, Quality of Service |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 651.3 Manajemen Kantor, Manajemen Perkantoran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Administrasi Negara |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 03 Jun 2023 04:15 |
Last Modified: | 03 Jun 2023 04:15 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3150 |
Actions (login required)
View Item |