Sinaga, Doni Yoswardi (2023) Perancangan Alat Jaringan Berbasis Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking. Skripsi thesis, Prodi Teknik Infomatika.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (5MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (6MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (396kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (556kB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam era digital yang sangat berkembang saat ini telah banyak merubah pola hidup manusia, baik dari kebiasaan, pekerjaan maupun kebutuhan dikarenakan banyaknya nilai positif yang berdampak dari perkembangan tehnologi saat ini. Salah satu kebutuhan yang dapat di kategorikan penting saat ini adalah jaringan internet yang mumpuni untuk digunakan dalam berbagai bidang aspek kehidupan. Pengenalan alat-alat jaringan yang di dapatkan di dalam pendidikan saat ini masih dapat dikatakan monoton yang hanya tersedia dalam bentuk tulisan dan gambar saja. Tehnologi di bidang pendidikan saat ini sudah berkembang pesat juga, dengan beberapa tehnologi baru yang dapat menambah daya edukasi yang tinggi bagi para pelajar, salah satunya adalah tehnologi augmented reality. Tehnologi ini dapat menjadi sebuah media yang menggabungkan benda ataupun objek yang dapat di tampilkan dalam bentuk tiga dimensi yang membuatnya terlihat lebih menarik dan interaktif bagi penggunanya. Tehnologi augmented reality masih cukup jarang di terapkan kedalam pengenalan alat-alat jaringan, yang kita tau selama ini pengenalannya masih pasif dan belum maksimal, dengan tehnologi augmented reality ini dapat membuat penguuna lebih memahami alat alat yang di tampilkan kedalam bentuk tiga dimensi karena lebih interaktif dan juga menarik. Penelitian ini menggunakan marker based tracking yang mana marker atau penanda untuk memunculkan objek tiga dimensi tersebutyang di mana hasil penelitian ini adalah aplikasi android menggunakan teknologi augmented reality untuk pengenalan dan perancangan alat jaringan yang juga mejabarkan informasi dari setiap alat-alat yang di tampilkan dalam aplikasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Alat-alat Jaringan, Media Pengenalan, Marker Based Tracking, Unity 3D: Augmented Reality, Networking Tools, Media Recognition, Marker Based Tracking, Unity 3D |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 004.08 Komputer dan Manusia |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Susila Novmbrita |
Date Deposited: | 29 May 2023 10:22 |
Last Modified: | 29 Jun 2024 04:07 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3068 |
Actions (login required)
View Item |