Saputra, Panji Eka (2020) Game Edukasi Pengetahuan Sejarah Kisah Nabi dan Rasul Berbasis Androi. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (900kB) |
|
Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan sangat penting didalam meningkatkan kualitas diri. Khususnya pendidikan agama islam, yang dapat membentuk suatu kepribadian yang lebih baik, mendekatkan diri juga beriman kepada Allah SWT, mengikuti ajaran yang disampaikan nabi dan rasul, meningkatkan iman dan takwa serta memperbaiki akhlak. Didalam ajaran agama islam beriman kepada nabi dan rasul hukumnya adalah wajib, dan termasuk didalam rukun iman. Ada 25 nabi dan rasul yang wajib diimani. Sebagai umat muslim hendaklah mengetahui sejarah kisah nabi dan rasul dalam menyebarkan agama islam. Pembelajaran tentang nabi dan rasul termasuk didalam materi pendidikan agama islam disekolah. Terbatasnya waktu, pembelajaran mengenai sejarah kisah nabi dan rasul dibagi pada setiap jenjang kelasnya. Tidak seluruh murid dapat memahami dan hafal mengenai sejarah kisah nabi dan rasul. Bentuk pembelajaran disekolah, murid hanya mendengarkan penjelasan dari guru dan itu akan membuat murid cepat bosan juga jenuh. Untuk itu dibutuhkan suatu bentuk pembelajaran baru yang lebih menarik mengenai sejarah kisah nabi dan rasul. Game edukasi ialah sebuah game yang dirancang dan diimplementasikan untuk media pembelajaran. Game edukasi membuat murid dapat dengan mudah untuk belajar, lebih tertarik dan giat serta termotivasi didalam belajar. Android ialah salah satu sistem operasi yang sangat banyak digunakan diperangkat mobile. Pesatnya perkembangan teknologi, segala aktivitas sudah banyak menggunakan perangkat mobile atau smartphone untuk membantu kegiatannya salah satunya ialah kegiatan belajar. Untuk itu dalam penelitian ini akan membangun sebuah game edukasi berbasis android mengenai sejarah kisah nabi dan rasul. Game edukasi ini dibuat menggunakan software construct2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang memiliki enam tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, distribution. Diharapkan hasil penelitian ini yaitu sebuah game edukasi dapat membantu murid dalam belajar dan meningkatkan pengetahuannya mengenai sejarah kisah nabi dan rasul.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Android, Construct2, Game Edukasi, Nabi dan Rasul, MDLC: Android, Construct2, Educational Game, Prophets and Apostles, MDLC |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.11 Pemrograman Khusus |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Melsa Yulia |
Date Deposited: | 25 Nov 2022 07:28 |
Last Modified: | 25 Nov 2022 07:28 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/2435 |
Actions (login required)
View Item |