Indriani, Anju (2021) Aktualisasi Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Administrasi Negera.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (376kB) |
|
Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan publik di Indonesia masih dihadapkan pada kondisi yang belum sesuai dengan kebutuhan kehidupan bermasyarakat. Dalam pelaksanaannya, kegiatan pelayanan pada Seksi Pindah Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam dinilai belum optimal dan belum berjalan dengan sempurna, hal ini dikarenakan ditemukan beberapa faktor penghambat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktualisasi budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan dua sumber data, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan budaya organisasi telah berjalan dengan baik, namun ada beberapa hal lagi yang masih perlu diperhatikan dan diperbaiki, namun hal ini tidak secara signifikan menghambat berjalannya proses pengurusan administratif. Kesimpulan yang didapat adalah pada pelaksanaannya, kegiatan pelayanan di bagian Pindah Datang Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam dinilai belum optimal dan belum berjalan dengan sempurna, hal ini karena ditemukannya beberapa faktor penghambat. Faktor penghambatnya antara lain perbedaan budaya antara masyarakat asli Kota Batam dengan masyarakat pendatang dari luar Kota Batam, manajemen yang dinilai kaku, para pegawai tidak memiliki ruang untuk lebih mengoptimalkan kreatifitas dan inovasi individu, keterbatasan sarana dan prasarana yang kurang mengikuti perkembangan zaman, serta fasilitas yang dinilai kurang nyaman bagi masyarakat didalam melakukan proses pelayanan. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat adalah diadakannya rapat bersama pimpinan dalam memecahkan masalah dan mencoba membuat dan merancang satu tempat atau sistem yang nyaman untuk dilakukannya proses pelayanan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya organisasi, Pelayanan Publik, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Batam: Organizational culture, Public service, Batam City Population, Civil Registration Office |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 300 - 309 Sosiologi dan Antropologi > 304.6 Demografi, Penduduk 300 Ilmu Sosial > 350-359 Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara 300 Ilmu Sosial > 350-359 Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 352.14 Administrasi Lokal, Provinsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Administrasi Negara |
Depositing User: | Melsa Melsa |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 03:40 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 03:40 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/1310 |
Actions (login required)
View Item |