Pemanfaatan Data Mining Clustering Dalam Penentuan Media Promosi UMKM Di Kota Batam

Fitrini, Fitrini (2021) Pemanfaatan Data Mining Clustering Dalam Penentuan Media Promosi UMKM Di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Sistem Informasi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (603kB)
[img] Text
bab IV & V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada perkembangan teknologi yang semakin besar ini, sangat menarik perhatian masyarakat untuk semakin mengetahui dan menggunakan teknologi tersebut. Teknologi yang sering digunakan saat ini adalah gadget. Kemajuan gadget sangat menarik perhatian masyarakat untuk mengetahui lebih dalam akan kecanggihannya. Selain dapat digunakan dalam berkomunikasi jarak jauh, bermain games, dan aktivitas lainnya. Gadget saat ini juga dapat digunakan untuk mengakses media sosial. Sejak gadget sudah dapat terhubung dengan jaringan internet, semakin banyak fitur yang menarik perhatian masyarakat diberbagai kalangan, salah satunya adalah media sosial. Kemunculan berbagai macam media sosial membuat gadget semakin dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia. Dengan adanya media sosial, banyak kegunaan yang dapat digunakan oleh masyarakat seperti membagikan momen spesial di media sosial, membuat status dimedia sosial, bermain games online, dan bahkan dapat digunakan dalam berbisnis. Berbagai macam media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Instagram, dan lainnya dapat digunakan masyarakat untuk berbisnis. Pada saat ini, banyak UMKM yang memulai mempromosikan bisnis mereka di media sosial. Akan tetapi, dengan banyaknya macam media sosial sehingga UMKM kesulitan dalam menentukan media sosial mana yang paling sering diakses oleh masyarakat. Sehingga, pada tugas akhir ini penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap media promosi yang paling diminati dengan menggunakan salah satu metode dalam teknik datamining yaitu metode algoritma clustering K-Means. Pada algoritma clustering K-Means dapat membantu penulis dalam pengelompokkan media promosi yang paling diminati oleh masyarakat yang ada di Kota Batam khususnya yang berada pada kecamatan Batam Kota berdasarkan data responden masyarakat pada penyebaran kuesioner yang telah dilakukan oleh penulis. Pada hasil akhir akan terdapat 3 kategori yaitu media promosi yang paling diminati, kurang diminati, dan paling tidak diminati. Serta untuk mendapatkan hasil tersebut akan dilakukan perhitungan manual berdasarkan metode clustering K-means dan pembuktian menggunakan software Rapidminer 5.3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Datamining, Clustering, K-Means, Rapidminer 5.3, Media Sosial, UMKM: Datamining, Clustering, K-Means, Rapidminer 5.3, Social Media, UMKM
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 004.66 Metode Transmisi Data
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.84 Distribusi Marketing
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Melsa Melsa
Date Deposited: 16 Oct 2021 04:47
Last Modified: 16 Oct 2021 04:47
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/1010

Actions (login required)

View Item View Item