Wahyuningsih, Novi (2024) Efektivitas Pelaksanaan Program M Paspor Dalam Pelayanan Pengurusan Paspor Kepada Masyarakat di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Administrasi Negara.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (6MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (247kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, perlu melakukan usaha pengembangan yang berbasis teknologi dan informasi ke dalam aspek pemerintahan. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam selalu berupaya untuk meningkatkan serta memperbaiki sistem pelayanan pengurusan paspor pada masyarakat. Hal ini dilakukan dengan penerbitan aplikasi Mobile Paspor atau M Paspor di Kota Batam yang telah launching pada 25 Januari 2022. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan dan menganalisa efektivitas pelayanan program M-Paspor bagi masyarakat di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam. Jenis penelitian menggunakan penelititian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif adalah field research, atau kerja lapangan yang mirip dengan studi kasus yang melibatkan investigasi mendalam pada pengumpulan data untuk dilakukan analisa secara terperinci. tujuan awal diciptakanya M-Paspor adalah memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat, efisiensi waktu dalam pelayanan dan tentu menciptakan ketertiban dan keteraturan masyarakat dalam proses pengurusan paspor. Dengan adanya layanan online memberikan hal yang positif bagi masyarakat juga, mulai dari efisiensi waktu, efektivitas pelayanan, ketertiban, jumlah pemohon yang dibatasi setiap harinya, ketersedian informasi yang didapat dari media sosial, mengetahui program dari diciptakannya M-Paspor mulai dari proses pendaftaran yang dilakukan di aplikasi, mengikuti langkah langkah dalam proses permohonan melalui M-Paspor sampai dengan kedatangan ke kantor imigrasi. Baik petugas maupun masyarakat merasakan manfaat yang positif dari kehadiran M-Paspor ini. Pelayanan menjadi lebih mudah dan efisien, waktu yang diperlukan untuk pengurusan paspor menjadi lebih singkat, dan proses tersebut membantu menciptakan keteraturan dalam komunitas. Petugas juga merasakan perbaikan signifikan, termasuk dalam kapasitas mereka untuk melayani masyarakat dengan baik serta mengurangi antrian karena kuota harian yang terbatas. Masyarakat juga mengalami manfaat positif dengan kemudahan akses M Paspor melalui perangkat pribadi mereka, yang memudahkan pengisian data pribadi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektivitas, pelayanan, m-paspor: effectiveness, service, m-passport |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 300 - 309 Sosiologi dan Antropologi > 304.82 Emigrasi, Imigrasi 300 Ilmu Sosial > 320-329 Ilmu Politik dan Pemerintahan > 323.67 Visa, Paspor |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Administrasi Negara |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 07:15 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 07:15 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6312 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year