Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Furi, Ayunis Destia (2024) Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Skripsi thesis, Prodi Akuntansi.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (6MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (382kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pajak kendaraan bermotor adalah salah satu pendapatan yang berkontribusi sangat besar dalam pertumbuhan ekonomi dalam sebuah negara yang pemungutannya dilakukan atas kepemilikkan kendaraan bermotor. Meskipun jumlah kendaraan bermotor meningkat setiap tahun, namun kenyataannya masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi kewajiban membayar pajak. Kepatuhan wajib pajak merupakan aspek penting dalam upaya pemerintah dalam meningkatkan pendapatan daerah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kepatuhan wajib pajak di Kota Batam, serta dampak dari kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan dan sanksi terhadap kepatuhan wajib pajak. Populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 484.829. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden yang diperoleh berdasarkan perhitungan rumus slovin dengan dengan tingkat kesalahan 10%. Metode random sampling digunakan oleh peneliti untuk mengambil sampel dengan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat Kota Batam yang memiliki kendaraan bermotor. Teknik pengujian dalam penilitian ini meliputi analisis statistik deskriptif, uji instrument, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan memanfaatkan aplikasi SPSS versi 25 untuk mengola data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kesadaran dan Kualitas Pelayanan tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan Sanksi terdapat pengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Awareness, Service Quality, Sanctions, Compliance: Kesadaran, Kualitas Pelayanan, Sanksi, Kepatuhan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 657.46 Akuntansi Perpajakan, Akuntansi Pajak
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Akuntansi
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 12 Oct 2024 01:50
Last Modified: 12 Oct 2024 01:50
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6290

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year