Saputra, Rios (2024) Implementasi Game Edukasi Pengenalan Kebudayaan Kepulauan Riau untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.
Text
Cover.pdf - Submitted Version Download (733kB) |
|
Text
Bab I.pdf - Submitted Version Download (166kB) |
|
Text
Bab II.pdf - Submitted Version Download (243kB) |
|
Text
Bab III.pdf - Submitted Version Download (305kB) |
|
Text
Bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text
Bab V.pdf - Submitted Version Download (137kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (122kB) |
|
Text
Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
Abstract
Media pendukung dalam proses belajar-mengajar, khususnya pada mata pelajaran Seni Budaya yang membahas kebudayaan daerah Indonesia, masih kurang memadai. Hal ini menyebabkan kurangnya motivasi dan kecenderungan anak-anak untuk merasa bosan saat belajar, tertama jika metode pembelajaran hanya terbatas pada penjelasan guru dan membaca buku pelajaran. Secara umum, anak-anak cenderung lebih tertarik pada hal-hal visual termasuk pada pembelajaran, karena anak-anak menyadari bahwa beljaar merupakan aspek penting untuk meningkatkan pengetahuan mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu permainan edukatif yang memperkenalkan keberagaman budaya Indonesia kepada generasi penerus bangsa. Game ini diharapkan dapat menjadi suatu alat pembelajaran yang menarik, mampu meningkatkan minat belajar anak-anak, setra memberikan pemhaman yang lebih mendalam mengenai kekayaan budaya Indonesia. Penyusunan perancangan Game dilakukan dengan metode Game Development Life Cycle (GDLC), Unified Modelling Language (UML) untuk analisis yang melibatkan Use Case Diagram, Activity Diagram, dan Sequence Diangram. Dalam prose perancangan, peneliti menggunakan perangkkat lunak Construct2 untuk merancang game ini. Game ini dirancang sebagai permainan jenis Quiz yang dimainkan oleh satu pemain. Pemain akan dihadapkan pada serangkaian pertanyaan untuk mencapai skor tertinggi yang telah dicapai sebelumnya. Hasil dari penelitian ini kelayakan media berdasarkan hasil presentase validasi ahli yaitu 81,6% dan ahli materi adalah 81,7%. Selanjutnya hasil respon peserta didik sebesar 84,9% dengan katagori sangat menarik sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Develpoment Life Cycle (GDLC), Unified Modelling Language (UML), Constuct2, Game Edukasi, Kebudayaan Indonesia: Game Develpoment Life Cycle (GDLC), Unified Modelling Language (UML), Constuct2, Educational Game, Indonesia Culture |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.12 Sistem Analisa dan Desain Perangkat Lunak |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 30 May 2024 09:23 |
Last Modified: | 30 May 2024 09:23 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6246 |
Actions (login required)
View Item |