Pengembangan Aplikasi Digital Library Menggunakan Metode Waterfall Berbasis Android

Manalu, Fria Anju Memori (2024) Pengembangan Aplikasi Digital Library Menggunakan Metode Waterfall Berbasis Android. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf - Submitted Version

Download (426kB)
[img] Text
Bab II.pdf - Submitted Version

Download (541kB)
[img] Text
Bab III.pdf - Submitted Version

Download (661kB)
[img] Text
Bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf - Submitted Version

Download (203kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (426kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perpustakaan SMPN 40 Batam menerapkan sistem informasi perpustakaan. Saat ini, karena pengelolaan informasi data perpustakaan masih sangat konvensional, kesalahan dalam pengecekan data, dan kesulitan mencari informasi data masih sering terjadi dalam pengelolaan perpustakaan, Seiring dengan evolusi kebutuhan perpustakaan, penting untuk menyadari bahwa proses manajemen data, termasuk data anggota, data buku, data peminjaman, data pengembalian, dan data perpustakaan, masih dilakukan secara manual. Tujuan utama dari pengimplementasian sistem informasi perpustakaan adalah untuk menyederhanakan proses pengolahan data dan informasi di perpustakaan, terutama bagi petugas perpustakaan. Hal ini bertujuan agar peminjam buku dapat dengan lebih mudah mengakses berbagai informasi terkait koleksi buku yang tersedia di perpustakaan. Untuk pengembangan perpustakaan digital, yang pertama adalah pengembangan skala kecil. Aplikasi digital library dibuat mengguna software adobe animate dan adobe AIR sebagai Bahasa pemrogramannya. Metode pengumpulan data menggunakan metode waterfall yang dilakukan secara bertahap yaitu analisisa kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Tahap perancangan menggunakan Unified Modeling Language (UML) seperti diagram use case, diagram aktivitas, diagram sequence, dan class diagram. Dan pengujian sistem mengadopsi pengujian blackbox testing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem digital library berhasil membangun aplikasi berbasis Android yang dapat dijalankan di perangkat seluler. Aplikasi digital library lebih nyaman digunakan oleh administrator, pengelolaan data buku, dan query informasi Buku dan Membuat laporan perpustakaan menjadi lebih efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Adobe Animate, Android, Digital library, Waterfall: Adobe Animate, Android, Digital library, Waterfall
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.5 Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 27 May 2024 11:16
Last Modified: 27 May 2024 11:16
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6222

Actions (login required)

View Item View Item