Novelia, Bella (2024) Studi Fenomenologi dan Analisis Dramaturgi Pengalaman Hidup pada Siswa SMA Negeri 17 Batam Penggunaan Second Account Instagram. Skripsi thesis, Prodi Ilmu Komunikasi.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (13MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (8MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Remaja menjadi salah satu kalangan yang paling banyak dikaitkan dengan perkembangan teknologi. Masa remaja menjadi masa dimana seseorang yang sedang gencar gencarnya mencari jati diri mereka dan pengalaman mereka. Hal ini juga mengakibatkan dimana banyak remaja dengan mudah mengikuti hal hal yang dilakukan oleh orang lain seperti membentuk citra diri yang baik, mereka ingin dikagumi, mereka ingin mendapatkan pengakuan oleh publik, dan mereka ingin menunjukkan eksistensinya melalui berbagai pengalaman yang mereka rasakan. Sama hal nya dengan siswa SMA Negeri 17 Batam yang memiliki akun Instagram. Bagi sebagian siswa, tidak hanya menggunakan Instagram sebagai media untuk berbagi informasi dan komunikasi, tetapi juga menjadikan Instagram sebagai tempat untuk membagikan pengalaman serta tempat untuk berkeluh kesah. Bahkan ada salah satu siswa yang memiliki 2 akun Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yang didasarkan pada pengalaman subjektif atau fenomenologikal seseorang. penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menganalisa dan mendeskripsikan bagaimana bentuk, pola, aktivitas komunikasi pada siswa SMA Negeri 17 Batam penggunaan akun kedua (second account) Instagram, serta bagaimana front stage dan back stage penggunaan akun kedua tersebut jika ditinjau dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dan analisis dramaturgi (sebagai teori). Hasil dari penelitian ini berupa Pengalaman komunikasi, Bentuk dan Pola komunikasi, Aktivitas komunikasi, dan front stage dan back stage pada pengguna seccond account siswa SMA Negeri 17 Batam. Pentingnya untuk meningkatkan komunikasi bagi setiap siswa yang menggunakan akun media sosial sebagai bentuk apresiasi terhadap sesama pengguna dan agar tidak terjadinya kesalahpahaman dalam berkomunikasi lewat akun media sosial terkhusus pada Instagram. Penelitian lebih lanjut dapat diperlukan untuk memahami lebih dalam lagi bagaimana pengalaman komunikasi, bentuk, pola, aktivitas, serta bagaimana pengguna Instagram dapat membentuk sebuah fenomenologi dramaturgi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dramaturgi, Fenomenologi, Instagram, Remaja: Dramaturgi, Phenomenology, Instagram, Teenagers |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 300 - 309 Sosiologi dan Antropologi > 302.23 Media Komunikasi, Media Massa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Susila Novmbrita |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 05:31 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 05:31 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5973 |
Actions (login required)
View Item |