Analisis Konten Instagram @Batampromotion dalam Membangun Citra Pariwisata Kota Batam

Lubis, Yomi Shela Raihan (2023) Analisis Konten Instagram @Batampromotion dalam Membangun Citra Pariwisata Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Ilmu Komunikasi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Batam Promotion merupakan salah satu media informasi promosi Kota Batam dalam media sosial Instagram yang telah dipercaya oleh publik mengenai produk seperti pariwisata, properti, otomotif, kuliner, dan lain-lain yang ada di Kota Batam. @batampromotion cukup aktif dalam memperbarui konten di Instagram sehingga pengguna Instagram tertarik untuk mengikuti akun @batampromotion yang memanfaatkan fitur yang tersedia. @batampromotion memiliki karakter dan pembawaan dalam penyampaian pesan-pesan promosi yang menarik, kreatifitas yang sangat penting dalam pembuatan sebuah konten promosi. Hal itu yang dapat diminati oleh publik dan menjadikan akun Instagram @batampromotion sebagai akun publik yang dipercaya dalam memberikan informasi seputar Kota Batam. @batampromotion salah satu akun yang dipandang memiliki profil menonjol di media sosial Instagram khususnya Kota Batam sebagai content creator yang menciptakan hal yang menarik publik sesuai dengan topik yang sedang tren. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana analisi konten Instagram @batampromotion dalam membangun citra pariwisata Kota Batam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif pendekatan analisis isi dengan objek penelitian adalah konten-konten yang terdapat pada Instagram @batampromotion. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan konten Instagram @batampromotion dalam membangun citra pariwisata Kota Batam dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi pada Instagram @batampromotion, serta dokumen, catatan, buku-buku ilmiah dan hasil penulisan yang relevan sebagai data sekunder. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan menggunakan uji kredibilitas data, uji transferability, uji confirmability. Dari hasil penelitian yang dilakukan, Instagram @batampromotion menggunakan strategi komunikasi melalui New Media Instagram dengan memfokuskan pada kualitas dari sebuah konten yang menarik dan pembawaan komunikasi yang santai sehingga mudah untuk dipahami oleh pengikut dan/atau pengguna Instagram lainnya terdapatnya citra yang dibangun melalui konten Instagram @batampromotion, Kota Batam dideskripsikan sebagai kota pariwisata yang berfokuskan kepada tempat-tempat hiburan. Bentuk komunikasi yang digunakan komunikasi verbal yang mana dapat memudahkan bagi pengikutnya dalam menerima informasi lebih detail dengan ditambahnya penjelasan menggunakan teks pada konten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Citr, Instagram, Konten, Kota Batam, New Media: Batam, Content, Instagram, Image, New Media
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 - 309 Sosiologi dan Antropologi > 302.23 Media Komunikasi, Media Massa
300 Ilmu Sosial > 300 - 309 Sosiologi dan Antropologi > 306 Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:13
Last Modified: 31 Oct 2023 07:13
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5645

Actions (login required)

View Item View Item