Analisis Semiotika dari Lirik Lagu “Esok Kan Bahagia” yang Dipopulerkan Oleh Group Band D’masiv

Trinanda, E.Regi (2019) Analisis Semiotika dari Lirik Lagu “Esok Kan Bahagia” yang Dipopulerkan Oleh Group Band D’masiv. Skripsi thesis, Prodi Ilmu Komunikasi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (17MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Analisis Semiotika dari Lirik Lagu “Esok kan Bahagia” yang dipopulerkan oleh Group Band D’Masiv ini menggunakan teknik analisis data semiotika Ferdinand de Saussure. Dalam teori Saussure menjelaskan bahwa tanda (sign) dibagi menjadi dua bagian, yaitu penanda (signifier) dan petanda (signified). Tanda disini adalah lirik lagu yang merupakan sebuah tulisan untuk dinyanyikan. Sedangkan penanda adalah bentuk fisik dari tanda. Petanda adalah penafsiran dari penanda. Dalam meneliti lirik lagu “Esok kan Bahagia”, penulis membuat interpretasi dengan membagi keseluruhan lirik menjadi beberapa bagian. Lirik lagu dibagi berdasarkan elemen-elemen yang terdapat dalam lagu, yaitu verse, chorus, reffrain, dan code. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah lirik lagu “Esok kan Bahagia” mengandung makna pesan motivasi yang berkaitan dengan teori motivasi oleh Victor Vroom. Menurut teori ini, kecenderungan upaya seseorang untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan, dipengaruhi oleh kuat lemahnya sebuah harapan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana proses pemaknaan lirik lagu dari penanda (signifier) menjadi petanda (signified). Dan apa makna pesan motivasi yang ingin disampaikan pencipta lirik lagu kepada pendengar. Kemudian, makna motivasi disesuaikan dengan teori motivasi Victor Vroom dengan perspektif pengharapan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan menganalisa lirik lagu menggunakan teori yang digunakan, kemudian ditarik kesimpulan menggunakan hasil analisa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : D’Masiv, Semiotika, Ferdinand de Saussure, Motivasi, Victor Vroom: D’Masiv, Semiotics, Ferdinand de Saussure, Motivation, Victor Vroom
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 - 309 Sosiologi dan Antropologi > 302.23 Media Komunikasi, Media Massa
700 Kesenian, Hiburan dan Olahraga > 780-789 Seni Musik > 780.7 Pendidikan Musik, Riset Penelitian Musik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 28 Oct 2023 10:58
Last Modified: 28 Oct 2023 10:58
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5442

Actions (login required)

View Item View Item